• Selasa, 16 Agustus 2022

Mal BIP dan IP Gelar Latihan Penanganan Bencana serta Bahaya Kebakaran

28 Juli 2022
BANDUNGNEWSPHOTO - Mal Bandung Indah Plaza (BIP) dan Istana Plaza (IP) mengadakan Latihan Penanganan Bencana serta Bahaya Kebakaran di halaman mal BIP, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jumat 22 Juli 2022.

Latihan yang digelar bersama Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan dan edukasi serta kemandirian untuk mengantisipasi bencana pada saat terjadi kebakaran dan bencana alam khususnya di gedung.

Analis Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Asep Saepudin, mengatakan bahwa setiap gedung harus memiliki proteksi kebakaran dan bencana, utamanya di Kota Bandung yang rawan terjadi bencana kebakaran.

"Setiap gedung di Kota Bandung harus dipastikan aman kebencanaan, tapi tidak hanya sarana proteksi kebakaran saja, juga termasuk kemampuan SDM pengelola gedung untuk menggunakannya," ujarnya seusai kegiatan.

Menurutnya ketika ada kebakaran, paling tidak pengelola dan penghuni gedung bisa menyelamatkan diri sendiri atau memadamkan api yang masih kecil sebelum terjadinya kebakaran besar.

"Terkait proteksi kebakaran di gedung mal BIP, dari segi sarana dan prasarana sudah cukup baik," ucapnya.

Marcomm Manager Regional Mal Bandung Indah Plaza (BIP) & Istana Plaza (IP), Aditia Fahmi, mengatakan bahwa latihan yang bekerjasama dengan Diskar PB Kota Bandung merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan edukasi serta kemandirian untuk mengantisipasi bencana pada saat terjadi kebakaran dan bencana alam.

"Kegiatan ini melibatkan semua team yang ada di mal mulai dari tim sekuriti, tim cleaning service, tim parkir, tim manajemen dan seluruh karyawan tenant yang bertugas di Mal," ungkapnya.

Pelatihan ini, lanjut Aditia, bertujuan mengedukasi secara langsung oleh pihak Diskar PB Kota Bandung serta mempraktekkan apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi bencana atau kebakaran.

"Seperti dimulai dari cara melindungi diri, menggunakan APAR, mematikan api dengan alat yang terbatas, serta cara menyelamatkan dan menangani bila ada korban pada saat terjadi bencana atau kebakaran," jelasnya.

Aditia pun berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan kepedulian dari seluruh tim yang bertugas di mal baik dari manajemen, vendor dan karyawan tenant bila terjadi bencana atau kebakaran.*** (BNP/Yurri Erfansyah)

Images Lainnya

Atalia Motivasi Calon Duta Bela Negara Jabar

Kamis, 23 Desember 2021 | 23:29 WIB

Aksi Ridwan Kamil Masak Jengkol Sambal Hijau

Rabu, 22 Desember 2021 | 21:51 WIB
X