• Selasa, 17 Mei 2022

Banjir Malaysia, 30 Ribu Orang Mengungsi

- Minggu, 19 Desember 2021 | 21:49 WIB
Malaysia Banjir (kelly-sikkema/unsplash)
Malaysia Banjir (kelly-sikkema/unsplash)

BANDUNGNEWSPHOTO - Lebih dari 30 ribu orang warga Malaysia telah dievakuasi dari rumah mereka akibat banjir terburuk dalam beberapa tahun.

Negara tropis di Asia Tenggara ini sering mengalami musim hujan badai menjelang akhir tahun, dengan banjir yang secara teratur mendorong evakuasi massal.

Hujan sejak Jumat telah menyebabkan sungai meluap dan menenggelamkan banyak daerah perkotaan yang menyebabkan terputusnya jalan utama, sehingga ribuan pengendara terdampar.

Baca Juga: ASN dan masyarakat Kabupaten Bandung kumpulkan Rp416 Juta untuk Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru

Lebih dari 30 ribu orang terlantar di delapan negara bagian dan teritori, seperti tercatat di situs web resmi pemerintah, dengan lebih dari 14 ribu di antaranya berada di negara bagian Pahang.

Hampir 10 ribu orang meninggalkan rumah mereka di Selangor yang merupakan negara bagian terkaya di negara yang mengelilingi ibu kota Kuala Lumpur, dengan perdana menteri Ismail Sabri Yaakob, mengungkapkan keterkejutannya atas banjir parah di sana.

“Jumlah hujan yang turun di Selangor kemarin, yang turun dalam satu hari biasanya akan turun dalam satu bulan,” katanya dalam konferensi pers, Minggu, 19 Desember 2021, dikutip bandungnewsphoto.com dari The Guardian.

Baca Juga: Ridwan Kamil Wisuda 1.500 Santri di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Sebagai Wujud Pembangunan Spiritual

Perdana menteri menjanjikan bantuan cepat untuk para korban banjir dan dana awal 100 juta ringgit atau senilai Rp341 miliar untuk memperbaiki rumah dan infrastruktur yang rusak.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahmoud Abbas: Lindungi Rakyat Palestina!

Jumat, 15 April 2022 | 16:20 WIB

Profil Singkat Sunway Medical Center

Senin, 11 April 2022 | 10:24 WIB
X