• Sabtu, 21 Mei 2022

Ribuan Hamster di Hong Kong Dimusnahkan Karena Terinveksi Covid-19

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:19 WIB
Ilustrasi Hamster (Pixabay/Martin Javorek)
Ilustrasi Hamster (Pixabay/Martin Javorek)

BANDUNGNEWSPHOTO - Hong Kong memerintahkan pemusnahan 2.000 hamster pada hari Selasa, 18 Januari 2022 dan memperingatkan pemilik hewan peliharaan hamster untuk tidak mencium hewan tersebut setelah klaster baru kasus Covid-19 ditelusuri ke toko hewan peliharaan.

Merebaknya kasus varian Delta pada manusia yang terkait dengan pekerja toko mendorong tes pada ratusan hewan di wilayah yang dikuasai China, dengan 11 hamster dinyatakan positif.

Tindakan keras terhadap hewan peliharaan di Hong Kong menggemakan pendekatan tanpa toleransi terhadap Covid-19 bahkan ketika sebagian besar dunia beralih untuk hidup dengan virus tersebut.

Baca Juga: Arahan Jokowi Hadapi Peningkatan Kasus Omicron

Pada konferensi pers, Menteri Kesehatan Sophia Chan menekankan bahwa tidak ada bukti hewan domestik dapat menginfeksi manusia, tetapi pihak berwenang tetap bertindak hati-hati untuk melarang impor dan penjualan hewan pengerat hewan peliharaan.

"Pemilik hewan peliharaan harus menjaga praktik kebersihan yang baik, termasuk mencuci tangan setelah menyentuh hewan, menangani makanan atau barang lainnya, dan menghindari mencium hewan," kata direktur Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi Leung Siu-fai Leung.

Berbagai toko hewan peliharaan di seluruh Hong Kong tutup, termasuk toko di jantung cluster di distrik Causeway Bay yang ramai di kota itu.

Baca Juga: Sambut KTT G-20 di Bali, Ridwan Kamil Siap Layani Investor Energi Baru Terbarukan

Little Boss, perusahaan yang beroperasi, mengumumkan penutupan beberapa cabang lain juga untuk disinfeksi.***

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahmoud Abbas: Lindungi Rakyat Palestina!

Jumat, 15 April 2022 | 16:20 WIB

Profil Singkat Sunway Medical Center

Senin, 11 April 2022 | 10:24 WIB
X