• Kamis, 26 Mei 2022

Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al-Nahyan Meninggal di Usia 73 Tahun

- Jumat, 13 Mei 2022 | 20:27 WIB
Ilustrasi bendera Uni Emirat Arab (Pixabay/kingmaphotos)
Ilustrasi bendera Uni Emirat Arab (Pixabay/kingmaphotos)

BANDUNGNEWSPHOTO - Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan meninggal pada usia 73 tahun pada hari Jumat, 13 Mei 2022, kata media pemerintah setempat, setelah berjuang melawan penyakit selama beberapa tahun.

Presiden negara teluk yang kaya minyak, yang jarang terlihat di depan umum, kemungkinan akan digantikan oleh saudara tirinya, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, yang sudah dianggap sebagai penguasa de facto UEA.

"Kementerian Urusan Kepresidenan telah berduka untuk rakyat UEA, negara-negara Arab dan Islam dan dunia atas kematian Presiden Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan," tulis kantor berita resmi WAM di Twitter, dikutip bandungnewsphoto.com dari ndtv.com.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Jabar Melebihi Capaian Nasional, Kecepatan Rata-rata 33.098 Dosis Per Hari

Kementerian mengumumkan 40 hari berkabung, dengan bendera setengah tiang mulai Jumat dan pekerjaan ditangguhkan di sektor publik dan swasta selama tiga hari pertama.

Sheikh Khalifa mengambil alih sebagai presiden kedua UEA pada November 2004, menggantikan ayahnya sebagai penguasa ke-16 Abu Dhabi, yang terkaya dari tujuh emirat federasi.

Dia jarang terlihat di depan umum sejak 2014, ketika dia menjalani operasi setelah stroke, meskipun dia terus mengeluarkan keputusan. Penyebab kematiannya tidak segera dirilis.

Baca Juga: Fly Over Kopo Capai 93 Persen, akan Dipercantik dengan Ornamen Maung Bandung, Kujang, dan Batik Mega Mendung

UEA, bekas protektorat Inggris yang didirikan pada tahun 1971, telah berubah dari pos terdepan gurun menjadi negara berkembang pesat dalam sejarah singkatnya, didorong oleh kekayaan minyaknya dan kebangkitan Dubai sebagai pusat perdagangan dan keuangan.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: ndtv.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahmoud Abbas: Lindungi Rakyat Palestina!

Jumat, 15 April 2022 | 16:20 WIB

Profil Singkat Sunway Medical Center

Senin, 11 April 2022 | 10:24 WIB
X