Sah, Kerajaan dan Persemakmuran Inggris Dipimpin Raja Charles III

- Sabtu, 10 September 2022 | 20:10 WIB
 Pangeran Charles resmi diangkat menjadi raja Inggris dalam sebuah Dewan Aksesi di Istana St. James London, Sabtu. 10 September 2022 (twitter.com/@RoyalFamily)
Pangeran Charles resmi diangkat menjadi raja Inggris dalam sebuah Dewan Aksesi di Istana St. James London, Sabtu. 10 September 2022 (twitter.com/@RoyalFamily)

 

BANDUNGNEWSPHOTO - Pangeran Charles resmi diangkat menjadi raja Inggris dalam sebuah Dewan Aksesi di Istana St. James London, Sabtu. 10 September 2022.

Seremonial ini mengakui kedaulatan sebagai Raja Charles III yang memimpin Kerajaan Inggris dan persemakmurannya.

Dikutip dari The Guardian, Raja Charles memberikan izin agar proklamasi yang diucapkan dewan penasihat untuk disebar ke seluruh Britania Raya. Setelah itu, ia mengucapkan sumpah dalam menjaga keamanan Church of Scotland.

Baca Juga: Sepasang Kekasih Bobol Brankas Selebgram Dara Arafah

Seremoni dihadiri para anggota Dewan Aksesi (Accession Council) yang terdiri atas para bangsawan, tokoh politik dan keagamaan, yang mencakup Permaisuri Camilla, Pangeran William, Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss, juga anggota kabinet dan anggota kabinet bayangan, serta Uskup Agung Canterbury.

Panitera Dewan Penasihat pada Dewan Aksesi ini, Richard Tilbrook menyampaikan secara resmi penetapan Charles sebagai Raja Inggris yang baru, dengan sebutan Raja Charles III.

"Bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan untuk mengampuni mendiang Ratu Elizabeth II yang berdaulat dari kenangan yang diberkati dan dimuliakan, yang dengan kematiannya, mahkota Inggris Raya dan Irlandia Utara semata-mata dan sesuai hak datang kepada Pangeran Charles, Philip Arthur George," jelas Tilbrook.

Baca Juga: Disebut PSSI Tak Layak Menggelar Pertandingan Internasional, Begini Reaksi Pengembang JIS

"Oleh karena itu, kami, penguasa spiritual dan temporal dari kerajaan ini, dan para anggota House of Commons bersama dengan anggota lainnya dari Dewan Penasihat mendiang Yang Mulia dan perwakilan dari kerajaan dan wilayah, anggota dewan, warga London dan lainnya, dengan satu suara dan persetujuan dari lidah dan hati mempublikasikan dan menyatakan bahwa Pangeran Charles Philip Arthur George sekarang, dengan kematian mendiang penguasa kami, menjadi satu-satunya Lord kami yang sah," sambungnya.***

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: PMJNews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Di Mana Meghan Markle di Kala Ratu Elizabeth Mangkat?

Jumat, 9 September 2022 | 21:29 WIB

Ratu Elizabeth II Wafat, Dunia Berduka

Jumat, 9 September 2022 | 06:15 WIB

Mahmoud Abbas: Lindungi Rakyat Palestina!

Jumat, 15 April 2022 | 16:20 WIB

Profil Singkat Sunway Medical Center

Senin, 11 April 2022 | 10:24 WIB
X