• Kamis, 19 Mei 2022

Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting

- Senin, 13 Desember 2021 | 15:38 WIB
Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting (Tangkapan layar web binar )
Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting (Tangkapan layar web binar )

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebagaimana peran bidan dalam membantu persalinan dan menekan angka kematian ibu dan bayi, bidan juga diharapkan berperan penting menurunkan angka stunting.

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan pasal 46 menjelaskan bahwa tugas bidan meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, reproduksi perempuan, dan keluarga berencana.

Anak yang dinyatakan sehat dalam proses tumbuh kembang pada awal kehidupannya, adalah anak yang tidak mengalami stunting.
Pada ranah inilah, peran bidan menjadi lebih luas, karena ia adalah figur fasilitator bagi keluarga untuk melakukan pencegahan dan penanganan stunting sejak dini.

Baca Juga: Bupati Bandung Tinjau 6 Rumah Tergerus Luapan Banjir di Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung

Sebagai bagian integral dari tenaga kesehatan, bidan memang memiliki peran yang strategis dalam mempercepat penurunan angka stunting demi mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan berkualitas.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Banten, Yani Purwasih, menjelaskan dalam webinar Pentingnya Kesehatan dan Literasi Gizi di Era Pandemi Covid, Demi Mencapai Bonus Demografi yang diselenggarakan YAICI bersama IBI pada 7 Desember 2021 lalu.

Yani menjelaskan, Bidan merupakan garda terdepan masyarakat dalam mendapatkan edukasi gizi untuk keluarga.

Baca Juga: Jabar Luncurkan Pancamain, Edukasi Pancasila lewat Permainan Tradisional

Literasi gizi bukan hanya pengetahuan ketrampilan membaca, menulis, berbicara, tetapi kita membaca kemampuan apa yang terjadi di sekitarnya. "Jadi, harapan saya bidan menjadi garda terdepan dalam mengawal Kesehatan ibu dan anak," jelas Yani.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB

Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Minggu, 6 Februari 2022 | 22:20 WIB
X