20 Warga Jabar Terdeteksi Omicron di Bandara Setelah Perjalan Luar Negeri

- Selasa, 4 Januari 2022 | 19:13 WIB
Ilustrasi Bandara (Pixabay/viarami)
Ilustrasi Bandara (Pixabay/viarami)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebanyak 20 warga Jawa Barat (Jabar) terinfeksi Covid-19 varian omicron. Mereka terdeteksi di bandara setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan 20 warga Jabar yang terinfeksi Covid-19 varian omicron tersebut terdeteksi di luar wilayah Jabar seperti bandara.

Adapun transmisi lokal di dalam wilayah Jabar hingga kini belum ditemukan. Namun seiring bertambah pasien COVID-19 omicron dan ada transmisi lokal di provinsi lain, warga agar waspada dan disiplin prokes.

Baca Juga: Serapan Anggaran Jabar 2021 Capai 95,51 Persen, Ridwan Kamil: Sesuai Dengan Perencanaan

"Hari ini tercatat (identitas KTP) warga Jabar yang datang dari luar negeri kemudian dikarantina dan diketahui terpapar omicron ada 20 orang, tapi tidak di level komunitas (transmisi lokal). Semuanya tersisir di batas negara yaitu di bandara, cuma KTP- nya tercatat sebagai warga Jabar," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 3 Januari 2022.

"Jadi omicron belum ada di tanah Jabar per hari ini, tapi yang KTP-nya Jabar sekarang dikarantina di Jakarta itu ada 20 orang," imbuhnya.

Saat ini 20 orang warga Jabar tersebut sedang menjalani karantina di Jakarta. Gubernur memastikan penularannya belum masuk ke transmisi lokal di wilayah Jabar.

Baca Juga: Jabar Percepat Vaksinasi Anak 6-11 Tahun dan Booster Untuk Pekerja Kesehatan dan TNI/Polri

"Belum ada di level penularan lokal, karena semua omicron ini rata rata orang orang yang berpergian dari luar negeri datang ke Indonesia beda sama Jatim dari Bali masuk ke Surabaya. Dari informasi yang saya terima, Jabar tidak begitu, banyak 20 tapi tidak beredar di komunitas, masih di karantina di batas negara yaitu di Jakarta, saya nyatakan belum ada transmisi lokal," jelas Gubernur.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Warga Bandung Positif Covid-19 Varian XBB

Rabu, 16 November 2022 | 21:48 WIB
X