• Selasa, 17 Mei 2022

Bukan Cuma Penghangat Tubuh, Ini 6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

- Rabu, 26 Januari 2022 | 17:39 WIB
Ilustrasi jahe. Apakah Jahe bisa menyembuhkan Omicron, cek faktanya disini! (Pixabay)
Ilustrasi jahe. Apakah Jahe bisa menyembuhkan Omicron, cek faktanya disini! (Pixabay)

BANDUNGNEWSPHOTO - Jahe merupakan tanaman khas Asia Tenggara yang menyebar ke berbagai negara. Biasanya, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif, seperti di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk. Kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar.

Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampurnya dengan masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus Anda.

Baca Juga: Promo Berhadiah Jutaan Rupiah Order Combo Richeese Factory X MLBB, Begini Syarat dan Ketentuannya

Namun jika memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan Anda memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, gelap, serta tidak pengap atau panas.

Berikut adalah manfaat jahe bagi kesehatan seperti dikutip BandungNewsPhoto.com dari kanal Info Kesehatan Rumah Sakit Islam Surabaya.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: Ini Dialog Permintaan Maaf Jerome Polin kepada Sean Gelael

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB

Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Minggu, 6 Februari 2022 | 22:20 WIB
X