• Kamis, 8 Desember 2022

Bisa Cegah Infeksi Virus Covid-19, Kemenkes Luncurkan Kampanye 'Waktu Indonesia Gargle'

- Senin, 28 Maret 2022 | 09:07 WIB
Bisa Cegah Infeksi Virus Covid-19, Kemenkes Luncurkan Kampanye 'Waktu Indonesia Gargle'. (Mundipharma)
Bisa Cegah Infeksi Virus Covid-19, Kemenkes Luncurkan Kampanye 'Waktu Indonesia Gargle'. (Mundipharma)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kementerian Kesehatan RI, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) bersama mitra strategis PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma) meluncurkan kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’.

Kampanye ini dalam rangka menyambut World Oral Health Day yang diperingati pada 20 Maret 2022.

Tujuan dari kampanye ini adalah memperkenalkan gargle yang bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut dan ber-gargle dengan Povidone-Iodine (PVP-I) sebagai perlindungan ekstra untuk pencegahan infeksi Covid-19.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Hattrick Pulisic Kubur Harapan Panama Tampil di Putaran Final, AS Belum Pasti

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI, Didik Budijanto, mengatakan bahwa perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Menurut Didik, PHBS ada beberapa tatanan. Pada tatanan rumah tangga, implementasinya seperti cuci tangan dengan sabun dan air bersih, mengonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari.

"Dalam kondisi pandemi saat ini, PHBS juga dapat diimplementasikan dengan melakukan gargle secara rutin. Kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ yang merupakan kolaborasi pemerintah, organisasi profesi, dan pihak swasta, penting untuk dilakukan sesuai ketentuan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernafasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," katanya.

Baca Juga: Polisi Kantongi Sejumlah Nama yang Terlibat Kasus Dea OnlyFans

Ketua PP Perhati-KL, Jenny Bashiruddin, menjelaskan gargle penting dijadikan bagian dari perilaku sehari-hari. Apalagi, di masa new normal saat ini, kebersihan saluran pernafasan khususnya bagian atas seperti hidung, mulut, dan tenggorok sangatlah penting untuk mencegah infeksi virus Covid-19.

Jenny menjelaskan, kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ merupakan upaya untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam menyebarkan informasi seputar cara ber-gargle hingga pemilihan cairan gargle yang tepat untuk perlindungan ekstra pada saluran pernapasan atas.

"Perhati-KL bangga dapat menjadi bagian dari kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ dan berharap masyarakat semakin memahami kebaikan rutin ber-gargle sebagai kebiasaan kecil yang merupakan investasi besar bagi kesehatan sehari-hari," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Warga Bandung Positif Covid-19 Varian XBB

Rabu, 16 November 2022 | 21:48 WIB
X