• Sabtu, 2 Juli 2022

Empat Cara Ampuh Proteksi Ekstra Saluran Pernapasan Bagian Atas

- Selasa, 29 Maret 2022 | 19:44 WIB
Ilustrasi saluran pernapasan (betadine.co.id)
Ilustrasi saluran pernapasan (betadine.co.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Berbeda dengan varian sebelumnya, Covid-19 varian Omicron lebih banyak mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas daripada paru-paru.

Sebelum Omicron merebak, gejala umum Covid-19 yang dikenal adalah demam, kesulitan bernapas, batuk, dan kehilangan indera penciuman atau perasa. Namun kini, menurut sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan 16 Desember di BMJ, pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan adalah gejala paling umum dari varian Omicron.

Karena itu, sangat penting untuk melindungi saluran pernapasan bagian atas yang merupakan pintu masuk berbagai virus dan kuman penyakit. Tak hanya untuk mencegah infeksi varian Omicron, tapi juga menghindari paparan polusi di udara yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Genshin Impact Secara Resmi Umumkan 2 Karakter Baru untuk Update Versi 2.6

Berikut cara mencegah polusi udara seperti dikutip BandungNewsPhoto.com dari laman betadine.co.id.

1. Memakai masker di tempat berisiko tinggi

Memakai masker dapat menghindari kita dari paparan virus dan polutan yang ada di sekitar. Sebaiknya, masker digunakan di dalam ruang tertutup ketika Anda berada bersama orang lain, serta di luar ruangan yang ramai atau dengan tingkat polusi yang tinggi.

Untuk dapat memberikan perlindungan yang optimal, Anda bisa menggunakan masker dobel di tempat-tempat yang berisiko tinggi, seperti transportasi umum, rumah sakit, atau di tengah kerumunan. Pastikan ukuran masker pas, tidak kebesaran atau kekecilan, sehingga dapat menutupi seluruh bagian hidung, mulut, dan dagu.

Baca Juga: Jalan Panjang 960 Pelajar dan Mahasiswa Sebelum Terpilih Menjadi Duta Hukum dan HAM Jawa Barat 2022

2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan adalah salah satu kunci agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan atas. Selain kuman dan virus, Anda juga harus waspada pada jamur, bulu hewan peliharaan, dan debu, yang semuanya berpotensi menimbulkan masalah.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: betadine.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB
X