• Kamis, 8 Desember 2022

Angka Stunting pada 8 Provinsi Percontohan di Indonesia Berpotensi Turun Lewat Aksi Bersama Cegah Stunting

- Jumat, 8 April 2022 | 15:47 WIB
Angka stunting pada 8 provinsi percontohan di Indonesia berpotensi turun lewat aksi bersama cegah stunting. (Aksi Bersama Cegah Stunting)
Angka stunting pada 8 provinsi percontohan di Indonesia berpotensi turun lewat aksi bersama cegah stunting. (Aksi Bersama Cegah Stunting)

BANDUNGNEWSPHOTO – Aksi bersama cegah stunting yang melibatkan pemerintah pusat, daerah serta lembaga masyarakat dan pihak swasta berhasil menurunkan angka stunting pada sejumlah daerah di Indonesia.

Keberhasilan kerja sama lintas sektoral ini terlihat dari penurunan persentase angka kasus stunting di beberapa daerah, di antaranya di kabupaten Tulungagung, kabupaten Kotawaringin Timur, kabupaten Magetan, dan kabupaten Kudus.

Paparan hasil intervensi pada beberapa daerah ini disajikan dalam acara seminar online bersama Habibie Institue for Public Policy and Government (HIPPG), belum lama ini.

Baca Juga: Beli Konten Porno Dea OnlyFans Seharga Rp 1,4 Juta, Marshel Widianto Masih Berstatus Saksi, Ini Alasannaya!

Kegiatan seminar ini terselenggara atas kerja sama HIPPG dengan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Seminar bertema “Aksi Bersama Cegah Stunting Melalui Kebijakan Dan Mekanisme Penggunaan Anggaran Daerah Dan Desa Di 14 Kabupaten” tersebut dihadiri oleh Dr. drg Widya Leksmanawati, SpOrt., MM, Direktur Executive HIPPG, Ir. Budiono Subambang, MPM, Direktur Sinkronisasi dan Urusan Pemerintahan Daerah III Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr. Paudah, M.Si Direktur Fasilitasi Pengmbangan Kapasitas Aparatur Desa Dirjen Bina Pemerintah Desa dan berlangsung secara daring.

Direktur Executive HIPPG, drg Widya Leksmanawati, menyampaikan bahwa Habibie Institute for Public Policy and Government (HIPPG) mengajak lintas sektor untuk turut andil dan peduli dalam upaya menekan angka stunting.

Baca Juga: Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting

"Program Aksi Bersama Cegah Stunting (ACS) pilot project ini pada enam bulan pertama akan memberikan beberapa sumber protein hewani seperti yang telah dilakukan di Pandeglang, yaitu mengutamakan susu berkalori tinggi dan telur. Nantinya, keberhasilan dari pilot project yang berlokasi di 14 desa ini akan direplikasi ke seluruh desa di Indonesia," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Warga Bandung Positif Covid-19 Varian XBB

Rabu, 16 November 2022 | 21:48 WIB
X