• Senin, 4 Juli 2022

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

- Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB
Perabotan rumah tangga yang terbuat dari plastik (hellosehat.com)
Perabotan rumah tangga yang terbuat dari plastik (hellosehat.com)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah dikabarkan bakal segera mengeluarkan regulasi tentang pelabelan Bisfenol A (BPA) untuk melindungi konsumen.

"Draf peraturan pelabelan BPA sudah selesai harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Kami juga sudah menulis surat ke Presiden Joko Widodo melalui sekretariat kabinet meminta agar segera difinalkan," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito saat rapat bersama DPR, di Jakarta, 4 April lalu.

Penny menyesalkan masih adanya produsen air kemasan yang menentang rencana pelabelan risiko BPA. Padahal, katanya, bahan kimia tersebut sudah jelas dapat menyebabkan kanker hingga kemandulan bagi konsumen.

Baca Juga: Safari Ramadan: Sahur Bersama Ridwan Kamil dan Bi Mar Diiringi Rintik Hujan

Mengutip dari hellosehat.com, BPA adalah bahan kimia yang ditambahkan ke banyak produk komersial, termasuk wadah makanan dan produk kebersihan.

BPA pertama kali ditemukan pada tahun 1890-an. Tetapi ahli kimia pada 1950-an menyadari bahwa ini dapat dicampur dengan senyawa lain untuk menghasilkan plastik polikarbonat yang kuat dan tangguh.

Sekarang ini, plastik yang mengandung BPA biasanya digunakan dalam wadah makanan, botol minum atau botol susu bayi dan barang lainnya. BPA juga digunakan untuk membuat resin epoxy, yang diletakkan di lapisan dalam wadah makanan kaleng untuk menjaga agar logam tidak berkarat dan pecah.

Baca Juga: 5 Berita Terpopuler 14 April 2022, Dari Paket Iftar Mercure Bandung City Center Hingga Kisah Tragis Guizhong

Meski begitu, sekarang banyak produsen yang beralih ke produk bebas BPA, di mana BPA telah digantikan oleh bisphenol-S (BPS) atau bisphenol-F (BPF).

Namun, penelitian terbaru melaporkan bahwa bahkan konsentrasi kecil BPS dan BPF dapat mengganggu fungsi sel Anda dengan cara yang mirip dengan BPA. Dengan demikian, botol yang bebas BPA pun mungkin bukan solusi.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB
X