• Senin, 4 Juli 2022

Kemenkes Tegaskan Laporan Privasi PeduliLindungi oleh Amerika Serikat Tidak Langgar HAM

- Jumat, 15 April 2022 | 22:48 WIB
Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi

BANDUNGNEWSPHOTO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan laporan Amerika Serikat khususnya privasi dalam penggunaan PeduliLindungi tidak menuduh melanggar hak asasi manusia (HAM).

Tuduhan Aplikasi PeduliLindungi yang dianggap tidak berguna dan melanggar HAM tersebut tidak berdasar.

"Tuduhan aplikasi ini tidak berguna dan juga melanggar hak asasi manusia (HAM) adalah sesuatu yang tidak mendasar," ujar Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Jumat, 15 April 2022.

Baca Juga: PeduliLindungi Cegah 3,7 Juta Orang Status Vaksinasi Tidak Lengkap dan 538 Terinfeksi Covid Masuk Ruang Publik

Menurut Nadia, laporan Amerika Serikat itu tidak menuduh PeduliLindungi melanggar HAM. Dia berharap tidak ada pihak yang menyimpulkan telah terjadi pelanggaran HAM pada penggunaan PeduliLindungi.

“Kami memohon agar para pihak berhenti memelintir seolah-olah laporan tersebut menyimpulkan adanya pelanggaran,” tutur Nadia.

Penggunaan PeduliLindungi secara masif memberikan dampak positif untuk melakukan kebijakan surveilans selain fitur pencarian lokasi vaksin terdekat, fitur telemedisin dan pengiriman obat, fitur penerbitan dan dompet digital sertifikat Indonesia berstandar WHO untuk kemudahan perjalanan Warga Negara Indonesia lintas negara, fitur kartu kewaspadaan kesehatan untuk perjalanan domestik, dan data statistik untuk pengambilan keputusan strategis pemerintah.

Baca Juga: Vestas Wind System Akan Investasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Garut Selatan Hasilkan 1.600 MW

Nadia mengatakan, PeduliLindungi telah bertransformasi menjadi layanan terintegrasi sehingga memudahkan penelusuran, pelacakan, pemberian peringatan, dan dalam rangka memfasilitasi tatanan kehidupan yang baru (new normal).

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: sehatnegeriku.kemekes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seberapa Bahaya Plastik BPA untuk Kesehatan?

Jumat, 15 April 2022 | 13:17 WIB
X