• Sabtu, 3 Desember 2022

Bila Bergejala Flu Disertai Ruam di Area Kulit, Kemungkinan Cacar Monyet, Segera Isolasi Mandiri

- Kamis, 26 Mei 2022 | 21:34 WIB
Ilustrasi cacaar monyet. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi cacaar monyet. (Pixabay/geralt)

 

BAN BANDUNGNEWSPHOTO - Bila Anda bergejala flu diertai ruam di area kulit hingga muncul lesi bernanah, besar kemungkinan terserang cacar monyet (monkeypox).

Cacar monyet kerap memunculkan gejala berupa kemunculan lesi atau lenting berisi nanah pada kulit. Gejala lainnya adalah nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Beragam ruam ini bisa muncul di berbagai area tubuh, termasuk di sekitar genital dan membran mukosa atau selaput lendir.

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Minta Segera Sosialiasikan Perwal Kota Bandung Nomor 44 Tahun 2022 Kepada Event Organizer

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Virus ini umum ditemukan di wilayah Afrika Tengah dan Barat. Cacar air dikategorikan sebagai penyakit zoonosis yang ditularkan dari hewan pengerat atau hewan primata kepada manusia.

Dikutip bandungnewsphoto.com dari laman Eat This Not That, Kamis, 26 Mei 2022, cacar monyet dapat memunculkan beberapa gejala. Sebagian dari gejala tersebut mirip dengan flu, seperti batuk, sakit kepala, ingusan, dan merasa lelah.

Sebagian besar kasus cacar monyet tidak berbahaya atau mematikan. Pada sebagian besar pasien, cacar monyet cenderung bersifat relatif ringan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang sangat jarang, cacar monyet bisa berujung pada kematian.

Baca Juga: Artis Uya Kuya Tidak Masalah Uang 100 Juta Tidak Kembali Asalkan Medina Zein Dapat Hukuman Sesuai

Saat ini, penyebaran kasus cacar monyet kini semakin meluas. Baru-baru ini Uni Emirat Arab, Republik Ceko, dan Slovenia melaporkan temuan pertama. Sebelumnya, cacar monyet sudah terkonfirmasi setidaknya di 18 negara.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: Eat This Not That

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Warga Bandung Positif Covid-19 Varian XBB

Rabu, 16 November 2022 | 21:48 WIB
X