• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ramadan 2022: Manfaat Susu dan Kurma untuk Pemenuhan Gizi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

- Rabu, 23 Maret 2022 | 19:27 WIB
Manfaat kurma untuk asupan gizi di bulan Ramadan (image dynamics)
Manfaat kurma untuk asupan gizi di bulan Ramadan (image dynamics)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebentar lagi, bulan Ramadan bakal tiba. Itu artinya, umat muslim di seluruh dunia akan memnjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Selain beribadah, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari mulai mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, menjaga daya tahan tubuh tetap baik, hingga membantu menurunkan berat badan.

Menurut dokter spesial gizi, dr Feni Nugraha, MARS, MGizi, SpGK, sederet manfaat puasa tersebut akan terwujud asalkan bijak di dalam memilih makanan, baik pada saat sahur maupun berbuka.

Baca Juga: Masa Penahanan Indra Kenz Diperpanjang Hingga 25 April 2022

Selama menjalankan puasa, memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sangatlah penting. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, dibutuhkan imunitas tubuh yang baik agar tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, mengandung kalori cukup, zat gizi lengkap dan seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Yang dimaksud dengan gizi seimbang adalah makanan tersebut harus mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik dalam hal jumlah dan jenisnya.

Makanan tersebut harus mengandung berbagai zat gizi, di antaranya karbohidrat, protein, dan lemak yang sesuai, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Tugas Negara Dukung Akomodasi MotoGP Mandalika Berakhir, KM Kelud Kembali Melaut, Tri Andayani: Terima Kasih

Pada saat puasa, tubuh kita tidak diisi oleh nutrisi selama 14 jam. Karena itu, pada saat sahur dan berbuka puasa sangat penting untuk mengatur porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga dapat tetap memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Pembagian porsi makan yang ideal selama puasa yaitu 40% pada saat sahur, 50% pada saat berbuka puasa, dan 10% pada saat sesudah tarawih.

Pada saat sahur, pastikan tubuh anda tetap mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang lengkap, yaitu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Jangan lupa untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Untuk berbuka puasa, anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman manis terlebih dahulu untuk menggantikan kadar gula darah yang turun selama berpuasa 14 jam. Untuk menu berbuka puasa, anda harus mengonsumsi makanan yang lengkap dan seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Baca Juga: Terjemahan The Fox in the Dandelion Sea: Volume 3 Genshin Impact

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat, Bacaan dan Tata Cara Salat Idulfitri

Sabtu, 30 April 2022 | 14:47 WIB

Doa Buka Puasa Senin-Kamis

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:27 WIB

Doa untuk Menghadapi Ujian Sekolah atau Kuliah

Minggu, 2 Januari 2022 | 18:52 WIB

Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa Lancar Ujian

Minggu, 2 Januari 2022 | 18:37 WIB
X