• Sabtu, 3 Desember 2022

Ini Informasi Penting yang Didapatkan Komnas HAM dari Pemeriksaan Bharada J, Anam: Soal Penembakan

- Selasa, 26 Juli 2022 | 21:34 WIB
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam saat memberikan keterangan pers (PMJNews.com)
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam saat memberikan keterangan pers (PMJNews.com)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kendati mengaku belum mengambil kesimpulan, Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sudah mengantongi sejumlah informasi penting dari pemerikasaan Bharada E.

Seperti diketahui, Bharada E diduga terlibat baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo.

"Sepanjang yang kami periksa, Bharada E menjelaskan banyak hal. Salah satunya adalah soal menembak," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Jakarta seperti dikutip PMJNews.com, Selasa, 26 Juli 2022.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Begini Tata Cara Pembelian Tiket Pertandingan Kandang Persib

Disebutkan Anam, Komnas HAM memberikan Bharada E dengan pertanyaan terbuka. Oleh sebab itu, proses pemeriksaan tersebut berlangsung lama karena jawaban bersifat deskriptif.

"Pertanyaan kami sifatnya terbuka, penjelasannya yang kita harapkan adalah deskriptif. Makanya, ini panjang sekali proses permintaan keterangannya," ungkapnya.

Menurut Anam, Komnas HAM belum bisa membuat kesimpulan dari pemeriksaan yang dilakukan hari ini. Dia juga belum memberikan penjelasan apakah keterangan dari Bharada E sama dengan kronologi versi polisi. "(Hasil pemeriksaannya) nanti akan kami munculkan di laporan akhir," tukasnya.

Baca Juga: Ini Identitas Korban Odong-odong Tertabrak Kereta Api yang Tewaskan 9 Orang di Serang

Selanjutnya, Komnas HAM berencana melakukan sejumlah pemeriksaan terkait kasus kematian Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo. Salah satunya akan memeriksa CCTV dan ponsel. "Besok kami melakukan pemeriksaan untuk digital forensik dan cyber," ujar Choirul Anam.

"Hubungannya apa digital forensik? Mengecek semua CCTV. Apa hubungannya cyber? Ngecek semua HP dan komunikasi," sambungnya.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: PMJNews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Divonis 10 Tahun Penjara, Indra Kenz Banding

Selasa, 15 November 2022 | 19:03 WIB

Indra Kenz Divonis 10 Tahun Penjara

Senin, 14 November 2022 | 21:24 WIB

Bharada E Tak Percaya Pelecehan Brigadir J

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:25 WIB

Lagi, Seorang Wanita Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Senin, 24 Oktober 2022 | 15:31 WIB
X