• Minggu, 2 Oktober 2022

KPK Ungkap Dugaan Suap Pengurusan Perkara yang Libatkan Hakim Agung MA

- Jumat, 23 September 2022 | 06:24 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (PMJNEWS)
Ketua KPK Firli Bahuri (PMJNEWS)

BANDUNGNEWSPHOTO - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Mahkamah Agung (MA), Kamis, 22 September 2022. Salah seorang yang turut diamankan adalah hakim agung.

Berdasarkan informasi, hakim agung yang tertangkap tangan dalam OTT KPK itu adalah Sudrajad Dimyati (SD). OTT KPK digelar terkait kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA.

Selain hakim agung, KPK juga menetapkan sembilan tersangka lainnya. Mereka antara lain Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), PNS pada Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY), PNS pada Kepaniteraan MA Muhajir Habibie (MH), PNS MA Redi (RD), dan PNS MA Albasri (AB).

Baca Juga: Jabar Terus Upayakan Digitalisasi Layanan Transportasi dan Gelorakan Kendaraan Listrik

Ketua KPK Firli Bahuri, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 23 September 2022 dini hari mengungkapkan, kasus ini berawal dari laporan pidana dan gugatan perdata terkait aktivitas Koperasi Simpan Pinjam ID (Intidana) di Pengadilan Negeri Semarang. Gugatan diajukan HT dan IDKS yang diwakili kuasa hukumnya, yakni YP dan ES.

Tersangka lainnya, adalah Yosep Parera (YP) selaku pengacara, Eko Suparno (ES) selaku pengacara Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID) Heryanto Tanaka (HT), dan pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam ID Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

Diungkapkan Firli, HT dan ES belum puas dengan keputusan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi. Mereka pun melanjutkan upaya hukum berikutnya di tingkat kasasi pada MA.

Baca Juga: Begini Mekanisme Pembelian, Penukaran dan Pemeriksaan Tiket Duel Persib vs Persija, 2 Oktober 2022

"Di tahun 2022, dilakukan pengajuan kasasi oleh HT dan IDKS dengan masih mempercayakan YP dan ES sebagai kuasa hukumnya," katanya seperti dikutip dari Antaranews.com

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepasang Kekasih Bobol Brankas Selebgram Dara Arafah

Sabtu, 10 September 2022 | 17:08 WIB
X