• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemerintah Terapkan Karantina 14 Hari Jika Omicron Semakin Menyebar

- Selasa, 21 Desember 2021 | 21:17 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Kemenko PMK/Rendy Febrianto)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Kemenko PMK/Rendy Febrianto)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah akan menerapkan karantina 14 hari apabila kasus Omicron semakin menyebar di Indonesia. Saat ini pemerintah menerapkan karantina selama 10 hari untuk mereka yang masih berpergian ke luar.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, Presiden telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bapak Presiden sifatnya masih berupa imbauan mengenai perjalanan luar negeri.

Baca Juga: Pemerintah Pertegas Pemakaian Aplikasi PeduliLindungi bagi Pelaku Usaha dan Ruang Publik

Akan tetapi akan ada kemungkinan kalau pada akhirnya ada kenaikan kasus di Indonesia mereka yang pulang dari luar negeri akan menjalani karantina 14 hari.

"Karena itu sebaiknya menunda kepergian ke luar negeri. Apalagi ke luar negerinya tidak urgen-urgen amat," kata Muhadjir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Menghadapi Libur Nataru, pada Selasa, 21 Desember 2021.

Selain itu, untuk kementerian dan Lembaga terkait akan mempercepat proses pemeriksaan untuk mengurangi waktu tunggu hasil PCR di pintu-pintu masuk. sehingga tidak terjadi penumpukan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN di pintu-pintu masuk. baik darat, laut, maupun udara.

Baca Juga: Pada Libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Perkirakan Peningkatan Trafik 5-10 Persen

"Mudah-mudahan masyarakat dapat menjalani libur nataru dengan menyenangkan menggembirakan tetapi juga aman dsri segi kesehatan," ujarnya dikutip bandungnewsphoto.com dari laman Kemenko PMK..***

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X