• Kamis, 19 Mei 2022

Gotong Royong Kunci Utama Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia

- Senin, 17 Januari 2022 | 21:40 WIB
Presiden Jokowi usai berpidato di Dies Natalis Ke-67 Universitas Katolik Parahyangan, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 17 Januari 2022. (Humas/Oji)
Presiden Jokowi usai berpidato di Dies Natalis Ke-67 Universitas Katolik Parahyangan, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 17 Januari 2022. (Humas/Oji)

BANDUNGNEWSPHOTO - Gotong royong seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan merupakan kunci utama dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Gotong royong merupakan implementasi dari nilai-nilai Pancasila yang dinilai masih kuat dan tidak dimiliki oleh negara lain.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) di Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) Unpar, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin, 17 Januari 2022.

Baca Juga: Jokowi Minta Perguruan Tinggi Fasilitasi Talenta Mahasiswa dan Belajar Seluas-luasnya

“Saya lihat betul implementasi dari Pancasila itu ada, masih kuat sekali kegotongroyongan kita. Itu yang tidak dimiliki oleh negara lain. Banyak yang kaget kenapa Indonesia bisa tahu-tahu turun dari 56 ribu (kasus harian) ke hanya angka-angka 100-an. Ya kuncinya di situ, semuanya bergerak, pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri, organisasi-organisasi rakyat, perangkat kita yang sampai ke bawah, semuanya,” ujar Jokowi.

Tak hanya itu, semangat gotong royong juga terlihat hingga ke masyarakat yang saling bantu dalam menghadapi pandemi.

“Kita memiliki yang namanya gotong royong, Pancasila kita ada di situ. Negara besar tidak memiliki, mereka tidak mempunyai bahwa rakyat di desa, rakyat di RT, rakyat kita di RW mau memberikan rumahnya untuk isolasi, untuk karantina. Yang berpunya mau memberikan sembako kepada yang baru kesusahan karena pandemi,” katanya.

Baca Juga: Jokowi dan Ridwan Kamil Berikan BLT di Pasar Sederhana Kota Bandung, Pedagang Mengaku Senang

Dalam menghadapi pandemi, pemerintah juga terus mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi. Total dosis vaksinasi Covid-19 secara nasional telah mencapai 297,5 juta dosis dan saat ini 30 provinsi telah mencapai target vaksinasi di atas 70 persen. Presiden menegaskan, capaian tersebut bukanlah sesuatu yang mudah terutama mengingat tantangan geografis yang dimiliki oleh Indonesia.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X