• Selasa, 29 November 2022

Arahan Jokowi Hadapi Peningkatan Kasus Omicron

- Selasa, 18 Januari 2022 | 20:32 WIB
Presden Jokowi saat memberikan arahan peningkatan kasus Omicron yang disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Januari 2022. (Humas Setkab)
Presden Jokowi saat memberikan arahan peningkatan kasus Omicron yang disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Januari 2022. (Humas Setkab)

BANDUNGNEWSPHOTO - Presiden Jokowi meminta agar kita semua mewaspadai tren kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron, tetapi tidak perlu bereaksi berlebihan.

“Berhati-hati perlu, waspada perlu, tapi jangan menimbulkan ketakutan dan jangan menimbulkan kepanikan,” ujar Jokowi dalam pernyataan yang disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Januari 2022.

Jokowi memaparkan berbagai studi termasuk laporan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa varian Omicron memang lebih mudah menular namun memiliki gejala yang lebih ringan.

Baca Juga: Sambut KTT G-20 di Bali, Ridwan Kamil Siap Layani Investor Energi Baru Terbarukan

“Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih tanpa harus dirawat di rumah sakit. Tapi, sekali lagi, kita harus waspada, jangan jemawa, dan jangan gegabah,” ucapnya.

Untuk menekan laju penularan Omicron, Kepala Negara pun menekankan sejumlah hal. Pertama, Jokowi meminta agar masyarakat untuk mengurangi mobilitas.

“Jika Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian tidak memiliki keperluan mendesak sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian. Dan untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah (work from home) lakukanlah kerja dari rumah,” ujarnya.

Baca Juga: Gotong Royong Kunci Utama Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia

Selain itu, Jokowi juga meminta masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri untuk keperluan yang tidak esensial.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: Setkab RI

Artikel Terkait

Terkini

Vaksin Meningitis Tidak Lagi Jadi Syarat Jemaah Umrah

Senin, 14 November 2022 | 19:59 WIB

Ridwan Kamil Ajak Pengusaha Jabar Berinvestasi di IKN

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:27 WIB
X