• Jumat, 19 Agustus 2022

Omicron Meningkat, Shalat Jumat Bisa Diganti Shalat Dzuhur

- Kamis, 3 Februari 2022 | 21:49 WIB
Ilustrasi Masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat. (Pixabay/Jpeter2)
Ilustrasi Masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat. (Pixabay/Jpeter2)

BANDUNGNEWSPHOTO - Ditengah mulai meningkatnya Covid-19 varian Omicron, pelaksanaan sholat Jumat bisa diganti dengan sholat Zhuhur jika kondisi tak terkendali.

Demikian disampaikan Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (KF-MUI), KH Miftahul Huda dari laman resmi MUI, Kamis, 3 Februari 2022.

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia menyatakan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah di Tengah Pandemi masih relevan untuk dijadikan pedoman bagi umat di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

Baca Juga: Skuad Persib Dilanda Covid-19, Ridwan Kamil: Jadikan Evaluasi Bersama

Miftahul mengatakan hal ini sangat relevan bagi umat Islam untuk tetap dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT seiring dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

“Artinya, bila suatu tempat kita tinggal itu positif Covid itu banyak yang mengenai jamaah atau tetangga kita yang dinyatakan positif, tentunya ibadah sholat berjamaah bisa dilakukan di tempat masing-masing. Dan pelaksanaan sholat Jumat bisa diganti dengan sholat Zhuhur, itu jika kondisi tak terkendali,” kata Miftahul.

Miftahul mengatakan di saat fatwa ini ditetapkan, bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia belum siap menghadapi Covid-19. Secara pengetahuan masih ada simpang siur bagaimana Covid-19 dan bagaimana hidup bersama Covid-19.

Baca Juga: Omicron Mulai Marak, 324 Anak di Indonesia Dilaporkan Terpapar Omicron

Menurut dia, kondisi sekarang ini sudah berbeda lantaran sudah banyak yang sudah divaksinasi Covid-19. Bahkan, pengetahuan masyarakat terhadap Covid-19 sudah banyak. Sehingga, dia menilai masyarakat sudah siap untuk bagaimana menghadapi dan hidup bersama Covid-19.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: MUI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir: BUMN sebagai Penyeimbang Pasar

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:23 WIB

Pembenahan dan Restrukturisasi BUMN Dapat Apresiasi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:00 WIB
X