• Kamis, 30 Juni 2022

Arteria Dahlan Tak Bisa Dipidanakan, Begini Saran Lemkapi buat Pelapor

- Senin, 7 Februari 2022 | 18:17 WIB
Arteria Dahlan (dpr.go.id)
Arteria Dahlan (dpr.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sudah memastikan, Arteria Dahlan tidak bisa dipidanakan terkait pernyataanya yang mempermasalahkan penggunaan bahasa sunda oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam rapat DPR, karena hak imunitas yang dimilikinya

Karena itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta Polri tetap konsisten dan tegas untuk tidak melanjutkan kasus Arteria Dahlan.

"Harus diipahami bahwa Arteria Dahlan menyampaikan pendapatnya dalam kapasitasnya sebagai anggota komisi III DPR dan kita tahu sesuai Undang-Undang, DPR memiliki hak imunitas sesuai dengan pasal 20 ayat (3) UUD 1945 dan Pasal 224 UU MD3," kata Edi seperti dikutip BandungNewsPhoto.com dari PMJNews.com.

Baca Juga: BRI Liga 1 2021/2022: Kalahkan Persikabo 1973, Borneo FC Gusur Persija dari Peringkat 6

Ia juga meminta Polri berhati-hati dalam menangani kasus anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. Sebab menurut Edi, penanganan perkara itu saat ini memiliki nuansa politik yang sangat tinggi.

Pakar Hukum Kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini mengatakan, setiap anggota DPR yang menjalankan tugasnya tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena pernyataan, pertanyaan, dan atau pendapat yang dikemukakanya, baik secara lisan atau tertulis dalam rapat DPR atau di luar rapat DPR yang berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPR.

Sesuai undang-undang, menurut doktor hukum pidana ini, hak imunitas yang dimiliki anggota DPR mutlak.

Baca Juga: #BreakingNews: Pemerintah Umumkan Bandung Raya PPKM Level 3 Lagi

"Hak imunitas bukan sekedar norma yang ada dalam konstitusi, tapi sifatnya menurut pandangan kami sangat mutlak," ujar Edi.

Menurutnya, DPR adalah lembaga hasil pemilihan, jika ada wakil rakyat berbicara atau bersikap tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: PMJNews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X