• Jumat, 1 Juli 2022

Hujan Es Diperkirakan Masih Bakal Terjadi di Tanah Air Maret hingga April 2022

- Selasa, 22 Februari 2022 | 20:29 WIB
Ilustrasi hujan es. (Pixabay/Andrei32)
Ilustrasi hujan es. (Pixabay/Andrei32)

BANDUNGNEWSPHOTO - Potensi hujan es diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih dapat terjadi di tanah air pada bulan Maret hingga April mendatang.

BMKG meprakirakan potensi cuaca ekstrem selain hujan es, juga dapat berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Cuaca ekstrem seperti hujan es sudah terjadi dalam minggu ini di beberapa wilayah, seperti di Surabaya, Lampung, Bekasi, dan lain-lain.

Peristiwa itu disertai dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Fenomena hujan es adalah fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit," tutur Deputi BMKG Guswanto seperti dikutip bandungnewsphoto.com dari PMJ News, Selasa, 22 Februari 2022.

Menurutnya, fenomena hujan es bisa terjadi lantaran dipicu adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Adapun hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi.

Hal tersebut menandakan adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan itu. Sehingga dapat membentuk butiran es di awan, dengan ukuran yang cukup besar.

Selanjutnya, besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X