• Rabu, 17 Agustus 2022

Siap-siap, Tarif PPN Jadi 11 Persen Mulai April 2022

- Rabu, 23 Februari 2022 | 21:06 WIB
Ilustrasi Perpajakan. (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi Perpajakan. (Pixabay/Bru-nO)

BANDUNGNEWSPHOTO - Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) tahun ini diyakini akan naik dari 10 persen menjadi 11 persen mulai April tahun 2022.

Kebijakan tersebut tercantum dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang mulai berlaku pada April tahun 2022.

"Tarif PPN akan naik dari 10 persen jadi 11 persen," terang Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Kacaribu di Jakarta, Rabu, 23 Februari 2022.

Baca Juga: Amerika Serikat Akan Tingkatkan Investasi di Jabar, Ridwan Kamil: Berharap Datang Lebih Besar

Menurut Febrio, kenaikan tarif PPN ini telah diantisipasi pemerintah berkenaan dampaknya terhadap peningkatan inflasi.

"Inflasi tidak akan meningkat lantaran pengenaan pajak tersebut. Ini sudah ada estimasi, dampaknya inflasi ini akan minimal jadi tidak perlu khawatir," kata Febrio dikutip bandungnewsphoto.com dari PMJ News.

Sebaliknya, kenaikan inflasi ini justru disebabkan kenaikan harga pangan dunia. Meskipun pemerintah juga tetap harus memantau dan melakukan penyesuaian agar tetap melanjutkan tren pemulihan ekonomi dan memastikan waktu yang tepat untuk mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga: Jabar Luncurkan SuperApps Pramuka, Aplikasi Ruang Interaksi Digital Pramuka Pertama di Indonesia

Menurutnya, inflasi sepanjang tahun akan tetap terkendali. Alasannya dalam beberapa bulan terakhir ekonomi nasional makin kuat dan komponen inflasi inti berupa daya beli masyarakat semakin membaik.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X