• Sabtu, 13 Agustus 2022

Gaduh, Menag Yaqut Diduga Bandingkan Suara Toa Masjid dengan Gongongan Anjing Tetangga

- Kamis, 24 Februari 2022 | 09:42 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas nemberikan pernyataan dalam sebuah wawancara dengan awak media di Pekanbaru, Rabu, 23 Februari 2022 (kemenag.go.id)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas nemberikan pernyataan dalam sebuah wawancara dengan awak media di Pekanbaru, Rabu, 23 Februari 2022 (kemenag.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang diduga membandingkan suara toa masjid dengan anjing menggonggong kembali menuai kegaduhan.

Bahkan, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo berniat melaporkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ke polisi dengan tuduhan penistaan agama.

Pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu disampaikan dalam sebuah wawancara dengan awak media di Pekanbaru, Rabu, 23 Februari 2022.

Baca Juga: Liga Champions: Ajax Bermain Imbang dengan Benfica

"Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan," ujar Menag seperti dikutip dari Antaranews.com.

Pernyataan itu disampaikan Menag saat menjelaskan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 mengenai pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala yang baru dikeluarakannya.

Ia menyatakan pengaturan terkait penggunaan pengeras suara di masjid, salah satunya bertujuan agar hubungan antarumat beragama lebih harmonis.

Baca Juga: Liga Champions: Elanga Hindarkan Manchester United dari Kekalahan di Kandang Atletico

Ia mengaku tidak melarang rumah ibadah umat Islam untuk menggunakan toa atau pengeras suara.

"Surat edaran ini dikeluarkan dengan tujuan agar tidak ada umat agama lain yang terganggu. Kita tahu itu syiar agama Islam, silahkan gunakan toa, tapi tentu harus diatur. Diatur bagaimana volumenya tidak boleh keras, maksimal 100 desibel," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X