• Jumat, 1 Juli 2022

Sindikat Pembuat Surat Swab Palsu Mampu Bobol Aplikasi PeduliLindungi

- Jumat, 25 Februari 2022 | 21:33 WIB
Ilustrasi pemalsuan dokumen online. (Pixabay/kalhh)
Ilustrasi pemalsuan dokumen online. (Pixabay/kalhh)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sindikat pembuat surat hasil swab antigen palsu disinyalir mampu membobol sistem aplikasi PeduliLindungi untuk memalsukan hasil test.

Demikian dikatakan Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Rezha Rahandi saat jumpa pers, Jumat, 25 Februari 2022.

Menurut Rezha komplotan pembuat surat swab palsu tersebut berhasil diringkus Polresta Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu, 23 Mei 2022.

Baca Juga: Perang Rusia Vs Ukraina, Kemenkumham Siapkan SPLP untuk Evakuasi WNI

Total ada empat tersangka yang terlibat, dan salah satunya berinisial AR diduga membobol sistem aplikasi PeduliLindungi untuk memalsukan hasil test.

Rezha mengungkapkan, tersangka yang diduga membobol sistem aplikasi PeduliLindungi ini adalah pegawai honorer di kantor kelurahan.

Hingga saat ini, polisi masih tetap melakukan penyelidikan apakah benar tersangka AR masuk ke sistem secara ilegal, ataukah ada cara lain yang digunakan pelaku untuk membuat surat hasil antigen.

Baca Juga: Perang Rusia Vs Ukraina, Puan Maharani: Segera Pulangkan 138 WNI di Ukraina

"Kita masih dalami apakah dia ada bantuan dari petugas klinik atau tidak. Kita juga masih menelusuri bagaimana cara dia mengubah data di Aplikasi PeduliLindungi, apakah benar ada ilegal akses atau tidak," kata Rezha dikutip bandungnewsphoto.com dari PMJ News.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X