• Rabu, 10 Agustus 2022

Bergaji di Bawah Rp 3,5 Juta, Siap-siap Kembali Diguyur BSU dari Pemerintah

- Rabu, 6 April 2022 | 16:25 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (setkab.go.id)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (setkab.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah kembali akan menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) bagi buruh dan pekerja bergaji rendah.

Rencana penyaluran BSU bagi pekerja dan buruh bergaji rendah itu disampaikan Menteri Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam pernyataan tertulisnya, Rabu, 6 April 2022.

“Tujuan dari BSU ini selain melindungi dan mempertahankan kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi,” ujar Menaker seperti dikutip BandungNewsPhoto dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Baca Juga: Terlilit Utang yang Jatuh Tempo, Pria 43 Tahun Rampok Bank BJB

Menaker menyatakan, tren kasus positif maupun angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah mengalami penurunan secara signifikan. Meski begitu, dampak ekonomi dari pandemi masih terasa.

Selain itu, situasi geopolitik global akibat ketegangan antara Rusia dan Ukraina juga memicu peningkatan harga komoditas global dan inflasi. Ini juga berdampak pada daya beli masyarakat, pemulihan ekonomi nasional, dan juga sangat berpengaruh pada kondisi ketenagakerjaan.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengelola BSU pada 2020 dan 2021 dengan beberapa ketentuan kriteria penerima dan jumlah bantuan yang diberikan.

Baca Juga: The Trans Luxury Hotel Peringati Hari Peduli Autisme Sedunia dalam 'Creating an Autism Friendlier Environment'

BSU 2020 difokuskan pada pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp5 juta. Pada 2021, BSU menyasar pekerja/buruh yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4, serta memiliki upah di bawah Rp3,5 juta, atau jika daerah tersebut upah minimumnya lebih dari Rp3,5 juta maka menggunakan batasan upah minimum yang berlaku.

Adapun di tahun 2022 ini, jelas Menaker, kriteria penerima BSU sementara didesain untuk pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp3,5 juta. Basis data penerima BSU juga masih menggunakan data pekerja/buruh peserta BPJS Kenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X