• Rabu, 10 Agustus 2022

Jelang Mudik Lebaran, Pemerintah Fokus Vaksinasi Booster

- Jumat, 8 April 2022 | 22:16 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Booster. (Pixabay/Alexandra_Koch)
Ilustrasi Vaksinasi Booster. (Pixabay/Alexandra_Koch)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah akan fokus terhadap cakupan vaksinasi dosis penuh atau booster, menjelang mudik Lebaran tahun ini.

"Jadi secara bersamaan melengkapi dosis kedua itu tetap menjadi prioritas. Karena kita tahu tidak ada gunanya banyak yang orang booster tapi kemudian yang keduanya tidak lengkap itu akan terus menjadi fokus kelemahan kita," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizia, Jumat 8 April 2022.

Saat mudik nanti akan terjadi pergerakan masyarakat yang tinggi. Sehingga, potensi peningkatan kasus Covid-19 sangat besar. "Mobilitas yang tinggi itu akan menjadi potensi peningkatan kasus yang besar," katanya.

Baca Juga: Inilah Cara Pesan Minyak Goreng Lewat Aplikasi Sapawarga

Menurut Nadia, pemberian vaksinasi dosis penuh dan booster menjadi strategi sekaligus uji coba untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Diketahui, saat ini pemerintah sedang sedang menyusun strategi transisi dari pandemi ke endemi.

"Jadi strategi yang kita lakukan menghadapi hajatan yang besar tahun ini dan ini sebenarnya uji coba untuk kita semua," ujar Nadia.

"Karena kita tahu bahwa dalam perjalanan, nanti kita hidup berdampingan Covid akan selalu ada ya event mudik dan selalu akan ada setiap tahunnya dan tak mungkin setiap tahun kita bilang nggak boleh mudik," ujarnya.

Baca Juga: Stadion GBLA Beserta Mesin Parkir Elektronik Jangan Sampai Terlantar

Nadia mengingatkan bila sudah masuk endemi, potensi peningkatan kasus kejadian luar biasa tetaplah ada. Sehingga, masa mudik dapat menjadi sarana pengujian dengan ketahanan antibodi yang dimiliki sekarang, yang ditambahkan dengan proteksi vaksin penguat.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X