• Senin, 4 Juli 2022

Gunung Anak Krakatau Siaga Level 3, BMKG Ingat Pemda, Pengelola Usaha dan Masyarakat Bersiaga

- Selasa, 26 April 2022 | 10:01 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi hingga sembilan kali pada Jumat, 4 Februari 2022 (Dok. PVMBG)
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi hingga sembilan kali pada Jumat, 4 Februari 2022 (Dok. PVMBG)

BANDUNGNEWSPHOTO - Status kewaspadaan Gunung Anak Krakata ditingkatkan menjadi Siaga Level 3. Karena itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengelola usaha dan pemerintah daerah serta masyarakat untuk bersiaga.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan hal tersebut bukan berarti waktunya melakukan evakuasi atau fase kedaruratan, melainkan siaga mempersiapkan evakuasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari kondisi tersebut.

"Jadi bukan pada level evakuasi, bukan sama sekali, tapi memberikan informasi ke semua pihak baik pengelola pelayaran, pengelola hotel ada pemerintah daerah, kepada masyarakat bahwa mulai siap siaga," katanya dalam konferensi pers virtual pada Senin, 25 April 2022 malam seperti dikutip dari Antaranews.com.

Baca Juga: Persib Rekrut Pemain Persiraja

"Artinya misalnya sudah siapkan dan evakuasi, siapkan tempat evakuasi dicek, karena kalau lama nggak dipakai terakhir 2018, rambunya mungkin sudah pada hilang," ujar Dwikorita.

Menurut dia, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat perlu memasang kembali rambu-rambu evakuasi dan shelter yang sudah tidak jelas terlihat oleh masyarakat.

Kemudian untuk mempersiapkan jaringan komunikasi, meskipun peralatan untuk memantau aktivitas Anak Krakatau sudah canggih. Sebab tanpa jaringan tersebut maka penyampaian informasi akan terhambat.

Baca Juga: Pemain Pengganti Amankan Kemenangan Juventus di Kandang Sassuolo

Saat ini BMKG bersama sejumlah institusi mempersiapkan VSAT satelit untuk jaringan komunikasi apabila terjadi bencana akibat aktivitas Anak Krakatau.

Tak hanya itu itu Dwikorita juga mengingatkan pentingnya persiapan tenaga listrik untuk penyampaian informasi peringatan dini.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X