• Sabtu, 2 Juli 2022

Ditetapkan sebagai Tersangka Baru Kasus Minyak Goreng, Ini Sosok Lin Che Wei

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:13 WIB
Antre minyak goreng (Biro Adpim Jabar)
Antre minyak goreng (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Nama Lin Che Wei tiba-tiba mencuat. Sosok bernama lain Weibinanto Halimdjati telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunan periode Januari 2021 - Maret 2022.

Pada Selasa, 17 Mei 2022. penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menemukan alat bukti terkait Lin Che Wei.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah mengatakan tersangka Lin Che Wei punya hubungan dengan Indrasari Wisnu Wardhana (IWW), Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Pedagangan (Dirjen Daglu), yang telah ditetapkan tersangka April lalu.

Baca Juga: Video Mesranya dengan Nicholas Saputra Beredar di Media Sosial, Begini Reaksi Ariel Tatum

"Kebetulan dia (Lin Che Wei) ini kan sudah ada alat bukti, diketahui ternyata ada hubungan dengan tersangka Dirjen dalam pengurusan DMO itu yang melawan hukum," kata Febrie di Gedung Bundar, Kejaksaan Agung, Jakarta seperti dikutip dari Antaranews.com.

DMO adalah mewajibkan seluruh produsen minyak sawit mentah yang akan melakukan ekspor untuk mengalokasikan 30 persen dari volume produksinya untuk kebutuhan dalam negeri.

Menurut Febrie, penyidik berhati-hati dalam menelusuri peran dan keterlibatan pihak-pihak terkait perkara tersebut. Hingga menemukan alat bukti keterlibatan Lin Che Wei selaku penasihat kebijakan/analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia.

Baca Juga: Besok TKD dan Core Values BUMN Dimulai, Ini 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Peserta

"Ini kan sesuai alat bukti yang ditentukan. Makanya penyidik juga hati-hati kan, nanti dari alat bukti itu dilihat siapa lagi yang bertanggung jawab," ujarnya.

Mantan Direktur Penyidikan Jampidsus itu menyebutkan Lin Che Wei kerap dilibatkan dalam setiap rapat penting terkait DMO di Kementerian Perdagangan.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X