• Selasa, 16 Agustus 2022

Masih Bingung Cara Membeli Minyak Goreng dengan Aplikasi PeduliLindungi? Simak Panduannya di Sini!

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 23:16 WIB
Sejumlah pedagang membeli minyak goreng curah dalam operasi pasar yang digelar Pemkot Bandung, Senin 21 Februari 2022. (Humas Pemkot Bandung)
Sejumlah pedagang membeli minyak goreng curah dalam operasi pasar yang digelar Pemkot Bandung, Senin 21 Februari 2022. (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) suudah ditetapkan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Tujuannya adalah untuk pengawasan dan pemantauan pendistribusian serta memberikan informasi ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng curah.

Dikutip dari panduan pembelian MGCR dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sabtu, 25 Juni 2022, setidaknya ada tiga langkah pembelian dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Jamu Semen Padang di Uji Tanding, Persikab Minta Dukungan Lulugu

1. Pembeli datang ke toko pengecer yang menjual MCGR.
2. Buka aplikasi PeduliLindungi, lalu scan QR Code yang terdapat di toko pengecer.
3. Tunjukan hasil scan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

Apabila hasil scan QR Code berwarna hijau, pembelian MGCR bisa dilakukan. Namun jika menunjukkan hasil berwarna merah, pembelian MGCR tidak bisa dilakukan.

Pembelian MGCR untuk sementara dibatasi dengan maksimal 10 kg per hari per NIK (Nomor Induk Kependudukan), dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp 14.000/Liter atau Rp15.500/kg.

Baca Juga: Bus Pembawa Rombongan SDN Sayang Jatinangor Terjun ke Jurang di Rajapolah, 3 Penumpang Dilaporkan Tewas

Namun, untuk konsumen atau pembeli yang tidak memiliki PeduliLindungi, pembelian MGCR tetap bisa dilakukan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke penjual. Penjual akan mencatat NIK pembeli yang tertera di KTP.

MCGR bisa ditemukan di tempat penjualan yang terdapat tanda QR code “Penjualan Minyak Goreng Curah Rakyat”.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: PMJNews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X