Breaking News, Pemerintah Resmi Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 20:30 WIB
Seorang petugas tengah melakukan vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin, 20 Juni 2022. (Biro Adpim Jabar)
Seorang petugas tengah melakukan vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin, 20 Juni 2022. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah telah menetapkan Status Keadaan Tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penetapan melalui Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 47 Tahun 2022

 

“Menetapkan: Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang penetapan status keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku,” dikutip dari Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022 dalam keterangan resmi BNPB, Sabtu, 2 Juli 2022.

Baca Juga: PT Brantas Abipraya Bagikan Tips Hadapi Tes Kesehatan Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Surat keputusan yang ditandatangani oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memilik enam poin yang ditetapkan, yaitu:

1. Menetapkan Status Keadaan Tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku.

2. Penyelenggaraan Penanganan darurat pada masa Status Keadaan Tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku sebagaimana dimaksud pada diktum (1) dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Penyelenggaraan Penanganan darurat sebagaimana dimaksud pada diktum (2) dilakukan dengan kemudahan akses sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai penanggulangan bencana.

Baca Juga: Tanggal Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN Masih Tercantum 4 Juli 2022

4. Kepala Daerah dapat menetapkan status keadaan darurat penyakit mulut dan kuku untuk percepatan penanganan penyakit mulut dan kuku pada daerah masing-masing.

5. Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya Keputusan ini dibebankan pada APBN, Dana Siap Pakai yang ada pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan sumber pembiayaan lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

6. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: PT Brantas Abipraya Sudah Umumkan Hasil TKB Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Ini Tahapan Selanjutnya!

Berdasarkan data dari Isikhnas Kementan, saat penetapan Status Keadaan Tertentu darurat PMK pada hewan ternak, angka penularan PMK per Jumat, 1 Juli 2022 pukul 12.00 WIB telah mencapai 233.370 kasus aktif yang tersebar di 246 wilayah kabupaten/kota di 22 provinsi.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah, RUU Cipta Kerja Jadi Undang Undang

Selasa, 21 Maret 2023 | 15:06 WIB

Siaga! Gunung Merapi Erupsi Lagi

Sabtu, 11 Maret 2023 | 17:32 WIB
X