• Minggu, 2 Oktober 2022

Bloomberg Sebut Indonesia Masuk Dalam 13 Negara Berpotensi Resesi, Begini Penjelasan Kementerian BUMN

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:53 WIB
Ilustrasi foto Menteri BUMN, Erick Thohir sampaikan ke KAI agar NIK pelaku pelecehan seksual dimasukan daftar hitam. (Instagram/@kementerianbumn)
Ilustrasi foto Menteri BUMN, Erick Thohir sampaikan ke KAI agar NIK pelaku pelecehan seksual dimasukan daftar hitam. (Instagram/@kementerianbumn)

BANDUNGNEWSPHOTO - Setelah 5,01% y-o-y di TW I 2022, perekonomian Indonesia tumbuh 5,44% y-o-y PADA TW II 2022.

Pertumbuhan positif di TW I dan TW II 2022 ini mengesampingkan survei Bloomberg yang menyatakan Indonesia salah satu dari 13 negara yang punya potensi resesi di 2022.

Pertumbuhan positif ini berpotensi menggairahkan sektor riil Indonesia di tengah kondisi perekonomian global yang masih penuh tekanan. IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Global di 2022 dari 3,6% ke 3,2% dan meningkatkan proyeksi rata-rata inflasi global di 2022 dari 7,3% ke 8,2%.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN, PT Infomedia Nusantara Butuh Call Center Telkom 147, Segera Kirimkan Lamaran

Penurunan dari proyeksi ekonomi dan inflasi global disebabkan oleh ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina, kenaikan harga pangan dan energi dunia, dan kebijakan zero Covid-19 di Tiongkok yang menahan perbaikan gangguan rantai pasokan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, BUMN punya peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, yang mana sepertiga dari perekonomian Indonesia merupakan kontribusi dari BUMN.

Erick menilai ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global tidak terlepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN, PT Pusri Palembang Buka Program Magang 6 Bulan, Ini Link Lamarannya

"Kementerian BUMN memprediksi total aset BUMN telah mencapai sekitar Rp 9.000 triliun di 2021 atau sekitar 53% dari PDB. BUMN yang sehat membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berbasis adil dan makmur. Masyarakat yang makmur mampu meningkatkan perekonomian Indonesia," ujar Erick seperti dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN.

Dengan basis ekonomi kerakyatan dan juga fungsi BUMN sebagai agent of development, lanjut Erick, BUMN tetap menjalankan proyek-proyek pembangunan yang menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi covid-19.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB
X