Heboh Gagal Ginjal Akut dan Larangan Obat Sirop, Presiden Jokowi: Ini Masalah Besar!

- Senin, 24 Oktober 2022 | 21:54 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat internal terkait perkembangan kasus obat penyebab gagal ginjal dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju,  Senin , 24 Oktober 2022 (setkab.go.id)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat internal terkait perkembangan kasus obat penyebab gagal ginjal dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Senin , 24 Oktober 2022 (setkab.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Presiden RI, Joko Widodo memberikan sejumlah arahan terkait kasus gagal ginjal akut yang berbuntut larangan edar obat batuk sirop.

Salah satu arahan Presiden Joko Widodo untuk kasus gagal ginjal akut dan obat sirop ini adalah untuk mengutamakan keselamatan masyarakat. “Jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” ujar Presiden seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Senin, 24 Oktober 2022.

Presiden mengaku memberikan instruksi kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk menghentikan sementara peredaran obat yang diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal.

Baca Juga: 614 Orang Dari 30.000 Pendaftar Mendapatkan Beasiswa Program Jabar Future Leaders Scholarship

Kebijakan tersebut diambil pemerintah sambil menunggu hasil investigasi yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

“Lakukan ini secara terbuka, transparan, tapi juga hati-hati dan objektif,” ucap Presiden.

Selain itu, Presiden juga meminta BPOM untuk menarik dan menghentikan peredaran obat sirup yang secara eviden terbukti mengandung bahan obat penyebab gangguan ginjal.

Baca Juga: Permohonan Maaf dan Penjelasan Lengkap Ridwan Kamil Setelah Kritik LRT Palembang

“Saya kira akan lebih bagus lagi kalau diumumkan, diinformasikan secara luas mengenai nama produknya,” ungkap Presiden.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X