• Minggu, 27 November 2022

BPIP Berharap TNI dan Polri Menjadi Duta Penggerak Pancasila

- Kamis, 24 November 2022 | 13:45 WIB
Pembukaan Diklat PIP bagi TNI Polri di Kendari, Senin, 21 November 2022 (bpip.go.id)
Pembukaan Diklat PIP bagi TNI Polri di Kendari, Senin, 21 November 2022 (bpip.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan diklat Pembinaan Ideologi Pancasila (Diklat PIP) bagi anggota TNI dan Polri di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini sebagai upaya menjadikan anggota TNI dan Polri sebagai penggerak pengamalan nilai-nilai Pancasila serta menginternalisasi, mengeksternalisasi, dan mengobjektifikasi nilai-nilai Pancasila.

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Dr. Baby Sitisalamah M. Psi. psikolog mengatakan, Diklat PIP untuk meningkatkan kompetensi anggota TNI dan Polri dalam meliputi aspek pengetahuan, nilai, dan tindakan.

Di hadapan peserta Diklat PIP, dia mengatakan, aspek pengetahuan yang dimaksud merupakan pengetahuan yang baik dan benar tentang sejarah, arti, isi/muatan, fungsi, kedudukan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN, PT Kimia Farma Butuh Marketing, Ini Link Lamarannya!

“Bukan hanya aspek pengetahuan tapi ada juga aspek nilai yaitu mampu memaknai, merefleksikan dan menghargai nilai-nilai Pancasila sehingga memiliki semangat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila,” katanya saat membuka diklat PIP bagi TNI Polri, Senin, 21 November 2022.

Baby mengatakan, Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara kesatuan konsensus yang disepakati para pendiri bangsa. Dia menambahkan, pendiri bangsa sepakat menanggalkan identitas primordial dan melebur ke dalam identitas keindonesiaan dengan Pancasila sebagai tali pengikatnya.

“Aparatur negara yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri merupakan garda terdepan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Berita Terpopuler 23 November 2022, Dari Lowongan Kerja PT Patra Drilling Contractor Hingga Gempa Cianjur

Baby menjelaskan, diklat yang dijalankan oleh TNI dan Polri tersebut sudah sesuai dengan Peraturan BPIP Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila, selama 32 jam pelatihan.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: bpip.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksin Meningitis Tidak Lagi Jadi Syarat Jemaah Umrah

Senin, 14 November 2022 | 19:59 WIB

Ridwan Kamil Ajak Pengusaha Jabar Berinvestasi di IKN

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:27 WIB
X