• Selasa, 6 Desember 2022

Lafal, Arti dan Makna Al Hujurat 13, Surat Al-Quran yang Membuka Piala Dunia 2022 di Qatar

- Senin, 21 November 2022 | 06:20 WIB
Pembukaan Piala Dunia 2022 (digitalhub.fifa.com)
Pembukaan Piala Dunia 2022 (digitalhub.fifa.com)

BANDUNGNEWSPHOTO - Selain penampilan Morgan Freeman dan Jun Kook, pembukaan Piala Dunia 2022 ditandai pembacaan ayat suci Al-Quran dari narator opening ceremony Ghanim Muftah.

Al-Quran yang dilantunkan Ghanim Muftah di pembukaan Piala Dunia 2022 adalah Surat Al Hujurat ayat 13 yang di Indonesia biasa dicantumkan dalam surat undangan pernikahan.

Baca Juga: Sejarah Buruk, Qatar Tuan Rumah Piala Dunia Pertama Kalah di Laga Pembuka Setelah Keok dari Ekuador

"Ya ayyuhannasu inna khalaqnakum min dzakariw wa unsa wa jaalnakum syuubaw wa qabaila lita'arafu inna akramakum indallahi atqakum inallaha khabir".

Ayat yang mengajak seluruh umat manusia saling kenal mengenal dalam persaudaraan ini memiliki arti;

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".

Dalam sambutannya, Pemimpin Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani juga menekankan persaudaraan seluruh umat manusia melalui momentum Piala Dunia di negaranya.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN di PT Indofarma Global Medika, Cek Persyaratan dan Link Lamaran di Sini!

"Orang-orang dari berbagai ras, bangsa, keyakinan dan orientasi berkumpul di sini di Qatar dan megitari layar-layar di semua benua untuk berbagi momen menarik ini," katanya di hadapan lebih dari 60 ribu penonton yang memadati Stadion Al Bayt.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X