Jumlah SLB Negeri di Jabar Bertambah 13 Sekolah Dampak Alih Kelola Swasta ke Negeri

- Rabu, 14 September 2022 | 22:56 WIB
Sejumlah murid tunanetra saat menjalani Ujian Nasional tingkat SD di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negri A, Gedung Wyata Guna, Jalan Padjajaran, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. (BNP/Riana Setiawan)
Sejumlah murid tunanetra saat menjalani Ujian Nasional tingkat SD di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negri A, Gedung Wyata Guna, Jalan Padjajaran, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. (BNP/Riana Setiawan)

BANDUNGNEWSPHOTO - Jumlah Sekolah Luar Biasa Negeri di Jawa Barat bertambah 13 sekolah dalam dua tahun terakhir karena alih kelola dari sejumlah SLB swasta menjadi SLB Negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengatakan jumlah SLB Negeri di Jabar saat ini ada 51 sekolah atau bertambah 13 sekolah sejak tahun 2020.

"Tahun 2020,  jumlah SLB Negeri di Jabar ada 38 sekolah, sementara SLB swasta sebanyak 190 sekolah. Namun dalam dua tahun terakhir jumlah SLB Negeri itu menjadi 51 atau bertambah 13 sekolah, " kata Dedi dikutip bandungewsphoto.com dari situs resmi jabarprov, Rabu, 14 September 2022.

Baca Juga: Dishub dan BI Jabar Rancang Pilot Project Digitalisasi Transportasi

Menurut Dedi, penambahan terjadi karena ada pembangunan baru dan alih kelola dari SLB swasta menjadi SLB Negeri.

"Seperti yang terjadi di SLB Cihaurbeuti, yang tadinya SLB swasta kini menjadi SLB Negeri. Ada partisipasi masyarakat di sana mewakafkan tanahnya seluas satu hektare lebih untuk perluasan bangunan, " papar Dedi.

Akibat dari penambahan  sekolah, maka jumlah siswanya pun bertambah. Saat ini total jumlah siswa SLB mencapai 26.000 lebih dari sebelumnya tahun 2020 sebanyak 19.096 siswa.

Baca Juga: Jabar Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik Jawa-Bali melalui Program Petani Milenial

"Penambahan ini bukan berarti anak disabilitasnya yang bertambah, tetapi lebih kepada kesadaran orang tua yang meningkat untuk menyekolahkan anak disabilitas ke SLB," paparnya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X