Bagaimana Cara Mendidik Anak Supaya Cerdas? Ini Tipsnya

- Sabtu, 24 Desember 2022 | 17:18 WIB
 (Pexels.com)
(Pexels.com)

Memiliki anak yang cerdas dan kreatif adalah impian setiap orang tua. Untuk mencapainya tidak bisa instan dan peran orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak menjadi pribadi yang cerdas dan pintar.

Sebenarnya ada banyak cara mendidik anak supaya cerdas. Dengan melatihnya sedari dini, diharapkan kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang jenius serta berwawasan luas. Dan di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Anak Cerdas dan pintar, sebagai berikut :

1. Kemampuan Berbicara
Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, sebaiknya orang tua sering mengajak anak berbicara sejak usianya masih sangat dini. Orang tua yang aktif mengajak anak berbicara turut mempengaruhi perkembangan kemampuan anak untuk berbicara.

Seiring bertambahnya usia anak, ajak anak untuk berdiskusi dan mengemukakan opininya. Dengan cara ini, anak akan terbiasa mengemukakan pendapatnya kepada orang lain.

2. Mendukung eksplorasi anak
Saat anak sedang aktif bereksplorasi, orang tua sebaiknya berperan penting untuk mendukung aktivitas ini. Dukungan yang orang tua berikan bisa turut membangun rasa percaya dirinya. Membatasi anak dalam bereksplorasi hanya akan menghambat anak menemukan keahliannya.

3. Bangun kebiasaan membaca buku
Seperti yang Anda tahu, buku adalah jendela dunia. Terbiasa membacakan buku kepada anak bisa ikut menstimulasi otaknya sejak kecil. Dengan sering membacakannya buku, anakpun jadi gemar membaca bahkan sampai ia dewasa.

4. Puji usahanya dan hargai hasilnya
Pujian dari orang tua untuk setiap usaha dan kerja keras yang anak lakukan, akan memberinya motivasi dan kemauan untuk terus maju dan berkembang.

5. Ajak anak mencari solusi dari setiap masalahnya
Saat anak memiliki masalah, sebagai orang tua sebaiknya jangan langsung turun tangan menyelesaikan masalah. Beri waktu dan dukungan pada anak untuk berdiskusi dan berpikir mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapinya. Langkah ini bisa merangsang otaknya serta membangun rasa percaya dirinya agar mampu menyelesaikan masalah secara benar dan bijak.

6. Tingkatkan rasa keingintahuan si kecil
Anak dengan keingintahuan yang besar merupakan salah satu ciri Anak Cerdas. Dengan keingintahuan besar yang dimilikinya, anak akan terdorong untuk mencari tahu dan memecahkan masalahnya. Menjadi tugas orang tua untuk mengarahkan rasa keingintahuan ini ke arah yang tepat dengan cara tidak membohongi anak dan menjelaskan secara benar dan sabar. Rasa ingin tahu si kecil akan mendorongnya menjadi pribadi yang kreatif dan percaya diri, pemecah masalah, kritis dan tidak mudah dibohongi.

7. Asah kemampuan emosional anak
Tidak hanya mengasah kecerdasan otak, kecerdasan emosional anak juga harus diperhatikan sejak dini. Anak dengan kecerdasan emosional yang baik menjadi faktor penunjang kesuksesannya baik di sekolah maupun kelak saat di dunia kerja.
Orang tua bisa membantu si kecil mengenali dan mengendalikan emosinya, belajar peka terhadap perasaan orang lain, mampu menerima kritik yang membangun, dan meminta maaf saat anak berbuat salah.

8. Beri mainan yang merangsang kecerdasannya
Sebelum membeli mainan, orang tua sebaiknya memilih jenis mainan yang dapat menstimulasi kecerdasan anak. Contohnya dengan membeli mainan taman bermain yang bisa Anda dapatkan di Blibli. Melalui permainan ini, anak bisa bermain peran sebagai metode penting untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi pada anak.

Sebagai orang tua, Anda pun bisa melakukan beberapa tips di atas untuk mewujudkan pribadi yang cerdas pada si kecil sejak usia dini.***

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Terkini

X