• Selasa, 4 Oktober 2022

Kemenhub Ingatkan Kelaikan Kendaraan Sebelum Tinggalkan Depo atau Gudang, Menjadi Tanggung Jawab Perusahaan

- Selasa, 19 Juli 2022 | 21:41 WIB
Kecelakaan truk Pertamina menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Alternatif Cibubur arah Cileungsi.  (Instagram @tmcpoldametro)
Kecelakaan truk Pertamina menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Alternatif Cibubur arah Cileungsi. (Instagram @tmcpoldametro)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengingatkan pentingnya pemeriksaan kelaikan kendaraan sebelum meninggalkan depo atau gudang. Hal ini menjadi tanggung jawab dari perusahaan pengelola kendaraan.

"Perlu kami sampaikan pengecekan laik jalan kendaraan sebelum meninggalkan depo atau gudang sangat penting dan hal ini menjadi tanggung jawab dari perusahaan pengelola kendaraan tersebut," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menanggapi soal kecelakaan maut truk Pertamina di Jalan Alternatif Cibubur, Selasa, 19 Juli 2022.

Menurut Hendro, pemeriksaan kelaikan kendaraan sangat penting untuk memastikan aspek keselamatan kendaraan bersama pengemudi dan awaknya maupun pengguna jalan yang lain. Dia pun mengingatkan perlunya kompetensi awak angkutan barang berbahaya.

Baca Juga: Karena Berada Diantara Turunan dan Tanjakan, Lampu Merah di Lokasi Kecelakaan Maut Cibubur Harus Dicabut

"Kami ingatkan kembali bahwa untuk memastikan keselamatan berkendara bagi angkutan barang berbahaya seperti tangki BBM, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2021," tuturnya.

Hendro menambahkan, dalam mengoperasikan mobil barang yang digunakan untuk mengangkut barang berbahaya harus sesuai dengan jenis dan karakteristik barang berbahaya yang diangkut.

Hal tersebut sesuai Permenhub 60 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan.

Baca Juga: Sopir dan Kernet Truk Pengangkut BBM Pertamina Menjadi Tersangka Penyebab Kecelakaan Maut Cibubur

Disebutkan juga bahwa angkutan barang berbahaya harus digunakan sesuai peruntukannya dan wajib beroperasi sesuai lintasan yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X