• Senin, 4 Juli 2022

Digugat ke PN Jakarta Pusat denga Tuduhan Sepak Bola Gajah dengan Barito Putera, Begini Reaksi Persib

- Senin, 18 April 2022 | 21:51 WIB
Penyerang Persib, David Da Silva pada pertandingan kontra Barito Putera (persib.co.id)
Penyerang Persib, David Da Silva pada pertandingan kontra Barito Putera (persib.co.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Persib dan penyerangnya David da Silva menjadi pihak tergugat dalam dalam gugatan yang diajukan Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa dan Paul Finsen Mayor ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat pada 14 April 2022.

Selain Persib dan David da Silva, pihak tergugat lainnya adalah PSSI, pemilik Barito Putera PT Putra Barito Berbakti, dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan sponsor utama Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Dalam gugatan bernomor perkara 211/Pdt.G/2022/PN Jkt. Pst. itu, para penggugat mengajukan beberapa poin petitum (tuntutan) yaitu mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya, lalu, kedua, membatalkan hasil pertandingan tergugat II (Persib) melawan tergugat III (Barito Putera) atau setidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara luring atau “offline”.

Baca Juga: Anak-Anak dan Remaja Diperbolehkan Mudik Tanpa Tes Covid-19

Ketiga, menyatakan pertandingan antara Persib dan Barito Putera adalah memainkan sepak bola gajah yang melanggar prinsip fair play dan perbuatan melawan hukum yang sangat merugikan para penggugat. Keempat, menyatakan klub kebanggaan para penggugat Persipura Jayapura batal degradasi dan tetap sebagai peserta Liga 1 Indonesia.

Selanjutnya, melarang pemain Persib tergugat IV atas nama David Da Silva untuk bermain dalam kompetisi sepak bola seluruh Indonesia. Terakhir, keenam, menghukum para tergugat karena salahnya untuk membayar kerugian para penggugat dengan perincian kerugian material sebesar Rp1 miliar dan kerugian immateriil.

Tentang gugatan tersebut, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) yang juga berprofesi sebagai pengacara mengaku belum menerima panggilan atau materi gugatan. Karena itu, katanya, Persib belum bisa memberikan tanggapan.

Baca Juga: Tegalluar Jadi Prioritas Pembangunan Lima Danau Pengendali Banjir di Wilayah Kabupaten Bandung

"Kalaupun nanti setelah menerima, kami akan kaji dan pelajari dulu dari sisi hukumnya seperti apa. Setelah itu baru nanti kami akan memberikan tanggapan. Jadi mungkin belum bisa memberi tanggapan dulu karena belum lihat gugatanya seperti apa," kata Kuswara dalam pernyataannya kepada media, Senin, 18 April 2022.***

Editor: Bobby Satria

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persib Hajar Tanjong Pagar 6-1

Minggu, 5 Juni 2022 | 18:08 WIB
X