• Senin, 8 Agustus 2022

Situ Rancabala Ciamis Sudah Pantas Dijadikan Objek Wisata, Bekula; Tradisi Menangkap Ikan Bersama-Sama

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 21:16 WIB
Warga Desa Cimari Ciamis Jawa Barat menjalankan tradisi Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula) yakni tradisi menangkap ikan bersama-sama di Situ Rancabala. (Jurnalpolri)
Warga Desa Cimari Ciamis Jawa Barat menjalankan tradisi Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula) yakni tradisi menangkap ikan bersama-sama di Situ Rancabala. (Jurnalpolri)

BANDUNGNEWSPHOTO - Situ Rancabala di Desa Cimari Ciamis Jawa Barat, memiliki daya tarik dan daya jual sehingga saat ini sudah pantas dijadikan salah satu objek wisata.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menghadiri acara Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula) di Desa Cimari, Kabupaten Ciamis, Sabtu, 28 Mei 2022.

Bekula merupakan salah satu kebiasaan atau tradisi tahunan masyarakat Desa Cimari dengan turun langsung ke situ secara bersama-sama untuk menangkap ikan.

Baca Juga: Tim SAR Kerahkan Penyelam dan Drone Cari Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aaree Swiss

Acara tersebut digelar dalam rangka ulang tahun Desa Cimari yang ke-90 dan bertepatan dengan dibukanya Obyek Wisata Embung Situ Rancabala.

Menurut Yana, dalam membangun objek wisata terdapat 5 aspek penting yang harus diperhatikan. Menurutnya, aspek pertama yang harus diperhatikan adalah daya tarik dari tempat wisata tersebut.

Aspek yang kedua kata Yana, untuk membangun tujuan wisata adalah keterjangkauan akses jalan dan ketiga adanya fasilitas pendukung.

Baca Juga: Ryse Energy Inggris Segera Uji Coba PLTB di Jabar

"Dengan adanya satu objek wisata tentunya harus ada fasilitas penunjangnya seperti warung-warung, Cafe dan lain sebagainya yang tidak bisa dipisahkan dari tempat wisata itu sendiri," kata Yana.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X