• Jumat, 3 Desember 2021

Tujuh Aplikasi Baru SMART Birokrasi Diluncurkan Permudah Pelayanan Birokrasi

- Senin, 15 November 2021 | 20:48 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan tujuh aplikasi baru SMART Birokrasi di Jabar Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 15 November 2021. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan tujuh aplikasi baru SMART Birokrasi di Jabar Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 15 November 2021. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebanyak Tujuh aplikasi baru SMART Birokrasi diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk meningkatkan performa birokrasi Pemda Provinsi Jawa Barat.

Pemda Provinsi Jabar kini memiliki 33 aplikasi dengan lebih dari 1.000 fitur yang masuk dalam ekosistem Jabar SMART Birokrasi yang merupakan sistem informasi manajemen ASN terintegrasi dengan birokrasi berbasis digital.

Tujuh aplikasi itu yakni e-Kartu, e-Pensiun, e-Pangkat, e-Mutasi, e-KGB, e-Fungsional, e-Cuti. Ketujuh aplikasi baru itu melengkapi 26 aplikasi digital lain yang menunjang kerja aparatur sipil negara (ASN).

Baca Juga: Antisipasi Gelombang III Covid 19, Libur Natal dan Tahun Baru Bakal Diperketat

"Jadi hari ini ada tujuh aplikasi layanan kepegawaian melengkapi 26 yang sudah duluan. Ini menandakan satu tantangan satu aplikasi. Ini komitmen kita menjadikan ASN Jabar juara yang terwujud oleh sebuah revolusi digital," ujar Ridwan Kamil saat peluncuran di Jabar Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 15 November 2021.

Gubernur menyebut secara umum rangking e-government Indonesia saat ini masih belum maksimal walaupun sudah melompat ke rangking 88 dunia. Sementara di tingkat Asean ada di rangking enam.

"Karena kewenangan kita di provinsi minimal kita harus jadi yang terbaik se-Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Evaluasi Pengoperasian Alun-alun Bandung

Terbukti 26 aplikasi lama telah mengantarkan Jabar sebagai pemerintah daerah terbaik dalam anugerah meritokrasi oleh Kemenpan RB. Bahkan sejumlah aplikasi Jabar sudah dijadikan percontohan pemerintah pusat dan daerah.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Telkomsel Hadirkan Layanan Video Streaming HBO GO

Sabtu, 30 November 2019 | 09:54 WIB

Telkomsel Kembali Hadirkan Program IndonesiaNEXT 2019

Minggu, 13 Oktober 2019 | 09:14 WIB
X