• Kamis, 19 Mei 2022

Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Informasi Lowongan Pekerjaan Global dan Navigasi Migran

- Selasa, 21 Desember 2021 | 23:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan JSMC di Gedung Sate Bandung, Selasa, 21 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan JSMC di Gedung Sate Bandung, Selasa, 21 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)

BANDUNGNEWSPHOTO – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan Jabar Migran Service Center (JMSC) yang merupakan sistem aplikasi informasi lowongan pekerjaan global dan navigasi migran.

Peluncuran inovasi Jabar berupa JMSC ini dilakukan di Gedung Sate Bandung, Selasa, 21 Desember 2021.

JMSC juga berisi informasi pelatihan tenaga kerja, kepengurusan paspor, hingga layanan pengaduan bagi para pekerja migran yang sudah mulai bekerja di luar negeri.

Baca Juga: Wagub Jabar Luncurkan Program Lembur Raharja di Ciamis

"Ini adalah inovasi agar warga Jabar dapat info lowongan kerja di dunia global dan layanan lainnya. Semua ada di aplikasi JMSC. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pencari kerja," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil –saat ini tak sedikit informasi lowongan kerja tersiar dari mulut ke mulut. Termasuk permasalahan yang dialami pekerja migran di luar negeri. Dengan aplikasi JMSC akan ketahuan kebutuhan tenaga kerja di berbagai negara dan perlindungan bagi pekerja migran.

"Selama ini proses komunikasi informasi pekerjaan dari mulut ke mulut, termasuk komplain yang tidak sistematis," katanya.

Baca Juga: Akses Menuju Bandara Kertajati Jauh Lebih Mudah Setelah Tol Cisumdawu Rampung

Untuk itu Kang Emil meminta aplikasi JMSC gencar disosialisasikan hingga ke tingkat RW agar terjadi perluasan kesempatan kerja. Termasuk penting agar diketahui para duta besar RI yang di negara tempat bertugasnya ada pekerja migran asal Jabar.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X