• Selasa, 6 Desember 2022

Terkait Kebocoran Data Pribadi Pelanggan IndiHome, Telkom Ragukan Keaslian Data dari Hackers

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 08:56 WIB
Terkait kebocoran data pribadi pelanggan IndiHome, Telkom ragukan keaslian data dari hackers. (Telkom)
Terkait kebocoran data pribadi pelanggan IndiHome, Telkom ragukan keaslian data dari hackers. (Telkom)

BANDUNGNEWSPHOTO - Baru-baru ini marak pemberitaan tentang kebocoran data pribadi pelanggan IndiHome yang membuat heboh.

Terkait hal itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza meragukan keaslian data-data yang diperjualbelikan hackers.

"Beberapa kejanggalan, misalnya alamat emailnya yang jadi sample itu @telkom.net. Kami saja di Telkom alamat emailnya @telkom.co.id. alamat email saya dan teman-teman di Telkom adalah @telkom.co.id. Telkom juga tidak pernah memberikan email address untuk pelanggan Indihome. Dari sana kok saya meragukan sekali,” kata Ahmad Reza, Senin, 22 Agustus 2022.

Baca Juga: Hadirkan Paket Promo 77 Persen Kemerdekaan, Indihome Jabar Berikan Bonus Akses Disney+ Hotstar dan Netflix

Lebih lanjut Reza menjelaskan, pihak Telkom telah dan masih terus melakukan langkah-langkah pengecekan dan investigasi mengenai keabsahan data-data tersebut.

Dia menegaskan, data-data pelanggan Indihome bahkan oleh kalangan internal Telkom sendiri sulit diakses mengingat ada enkripsi dan firewall yang berlapis. "Saya pastikan data sampling salah," ujarnya.

Menurut Reza, jumlah pelanggan Indihome sebanyak 8 juta pelanggan, sedangkan data browsing history yang diklaim hackers sebanyak 26 juta data history.

Baca Juga: Kembangkan Ecotourism Lewat Digitalisasi Desa Ambulu, Telkom dan Pemkab Cirebon Lakukan Kolaborasi

"Saya menduga, data-data history browsing tersebut diambil hackers karena adanya akses yang dilakukan pelanggan ke situs-situs terlarang yang mengandung malware," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X