• Senin, 8 Agustus 2022

Proyek Konstruksi Tunnel 2 Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Sudah 70 Persen

- Kamis, 13 Januari 2022 | 21:04 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan terowongan nomor 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Akun Instagram @luhut.pandjaitan)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan terowongan nomor 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Akun Instagram @luhut.pandjaitan)

BANDUNGNEWSPHOTO - Proyek konstruksi Tunnel 2 untuk Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Purwakarta sepanjang 1052 meter sudah mencapai 70 persen yaitu sudah 700 meter yang selesai dan tersisa sekitar 300 meter lagi.

Kendala masalah geologi berupa tanah seperti lumpur yang jika digali akan mengalami longsor, telah diatasi menggunakan surface grouting.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tunnel 2 tersebut mengalami kendala dari faktor geologi sehingga membutuhkan penanganan yang khusus.

Baca Juga: Sungai Ciguha Bogor Eks Gurandil Disulap Jadi Tempat Wisata dan Bio Indicator Pencemaran Air

“Tunnel 2 ini terkendala masalah geologi karena tanahnya seperti lumpur atau clay shale, ya begitu digali longsor lagi, digali longsor lagi. Jadi butuh penanganan khusus,” kata Dwiyana usai kegiatan.

Namun demikian, tambahnya, sudah ada penanganan yang dilakukan yaitu dengan surface grouting yang saat ini sudah dalam tahap penyelesaian. Menurut Dwiyana, dari panjang 1052 meter, pengerjaan tunnel 2 sudah mencapai 70 persen yaitu sudah 700 meter yang selesai dan tersisa 300 meter lagi.

“Hari ini pada posisi sudah mulai akan normal kembali sehingga ditargetkan akan selesai pada bulan april. Untuk itu Pak Menko datang langsung kesini untuk mengecek langsung progresnya dan akan dilaporkan kepada Presiden” lanjut Dwiyana.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Tinjau Pembangunan Terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Buktikan Perkataan Jokowi

Lebih jauh, setelah pembangunan tunnel 2 selesai, Dwiyana mengatakan bahwa pengerjaan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung akan dilanjutkan pada tunnel 6 dan tunnel 4. Dari 13 tunnel dia mengakui ada 3 tunnel yang belum selesai.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X