• Jumat, 28 Januari 2022

Sungai Ciguha Bogor Eks Gurandil Disulap Jadi Tempat Wisata dan Bio Indicator Pencemaran Air

- Kamis, 13 Januari 2022 | 20:01 WIB
Inilah penampakan Kawasan Wisata Ciguha River, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Kamis, 13 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)
Inilah penampakan Kawasan Wisata Ciguha River, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Kamis, 13 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTOSungai Ciguha yang dulunya merupakan tempat penambangan liar atau gurandil dan sempat tercemar limbah berat, kini disulap menjadi Kawasan Wisata Ciguha River.

Selain itu, tempat ini juga sekaligus berperan sebagai sungai bio indicator terhadap pencemaran air demi mendukung SDG's (pembangunan berkelanjutan).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan kawasan wisata ini di Kampung Ciguha, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Kamis, 13 Januari 2022.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Tinjau Pembangunan Terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Buktikan Perkataan Jokowi

Adapun terbentuknya kawasan wisata ini diinisiasi para lokal heroes yang beberapa diantaranya merupakan mantan gurandil, yang juga mendapat dukungan dari PT Antam, serta unsur pemerintah setempat.

"Berbicara masalah tambang selalu menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional tidak sesuai dengan aturan bukan hanya keuntungan tapi juga madharat yang ada," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Pak Uu – panggilan akran Uu Ruzhanul – bersyukur atas perubahan yang terjadi. Kawasan eks tambang yang menjadi lebih hijau dan asri diharapkan mampu menghadirkan peradaban baru yang lebih indah dan tentram.

Baca Juga: Pemkot Bandung Gandeng Unpas Kembangkan Laboratorium dan Wahana Edukasi Pertanian Untuk Kemandirian Pangan

"Oleh karena itu dengan hijrahnya pola pikir masyarakat dan PT Antam, luar biasa atas nama Pemda Provinsi Jabar terima kasih mengubah Pongkor menjadi hebat, pulih seperti yang dirasakan kali ini," katanya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X