• Senin, 4 Juli 2022

Wisata Gunung Bromo Tutup pada 3-4 Maret dalam Rangka Ritual Hari Raya Nyepi

- Selasa, 1 Maret 2022 | 20:07 WIB
Ilustrasi wisata Gunung Bromo. (Pixabay/Iqbalnuril)
Ilustrasi wisata Gunung Bromo. (Pixabay/Iqbalnuril)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan menutup sementara wisata Gunung Bromo, Jawa Timur pada 3 sampai 4 Maret 2022, dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi.

Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani menerangkan, kebijakan itu dikeluarkan dengan memperhatikan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor 107/Pem/PHDI-KAB/II/2022 tanggal 24 Februari 2022 perihal pemberitahuan serta hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger.

"Maka kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Kamis, pukul 00.00 WIB sampai Jumat, pukul 05.00 WIB," terang Novita dalam siaran persnya, Selasa, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Jalan Layang Pasupati Bandung Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja

Menurut Novita, penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo itu dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi Tahun 1944 Saka/2022 Masehi, atau Pergantian Tahun Baru Saka.

Penutupan wisata Gunung Bromo tersebut diterapkan di sejumlah jalur pintu masuk. Seperti, jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

"Kemudian jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, serta dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang," tambahnya.

Baca Juga: 7.000 Penumpang Kereta Api Tinggalkan Jakarta Saat Libur Isra Mikraj

Untuk diketahui, Hari Raya Nyepi untuk menyambut Tahun Baru Saka. Rangkaian Hari Raya Nyepi mulai dari Melasti, Tawur Kesangan, Nyepi dan Ngembak Geni.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X