• Senin, 4 Juli 2022

Lewat Pengurangan Sampah Berwawasan Lingkungan, Bangun Destinasi Wisata Super Prioritas Berkelanjutan

- Rabu, 9 Maret 2022 | 12:32 WIB
Pantai dan sampah. Lewat pengurangan sampah berwawasan lingkungan, bangun destinasi wisata super prioritas berkelanjutan di Indonesia. (Pixabay/Sergei Tokmakov)
Pantai dan sampah. Lewat pengurangan sampah berwawasan lingkungan, bangun destinasi wisata super prioritas berkelanjutan di Indonesia. (Pixabay/Sergei Tokmakov)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebagai bagian dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia bersama dengan Danone-AQUA menyelenggarakan webinar yang bertajuk "Membangun Destinasti Wisata Super Prioritas yang Berkelanjutan Melalui Pengurangan Sampah Berwawasan Lingkungan".

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai elemen pemangku kepentingan seperti perwakilan pemerintah pusat dan daerah, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, asosiasi terkait, serta penggiat lingkungan.

Indonesia telah menjadi tujuan destinasi pariwisata dunia dengan berbagai daerah wisata unggulan yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Ini Quote Presiden Amerika Serikat yang Dikutip Tri Andayani Usai Acara Pisah Sambut PT Pelni (Persero)

Namun di sisi lain, peningkatan jumlah wisatawan di berbagai kawasan destinasi wisata tersebut juga meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkan.

Sayangnya, berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) di tahun 2018, tingkat kepedulian masyarakat terkait pengelolaan sampah hanya mencapai 28%.

Destinasi wisata di Indonesia juga sebagian besar tersebar di daerah kepulauan sehingga dibutuhkan upaya yang lebih untuk membangun ekosistem dan infrastruktur pengelolaan sampah dan hal ini hendaknya menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga: 5 Berita Terpopuler 8 Maret 2022, Dari Profil Tri Andayani Hingga Doni Salmanan Penuhi Panggilan Polisi

Masih rendahnya program dan infrastruktur pengelolaan sampah di kawasan wisata ini dapat berpotensi berimplikasi terhadap meningkatnya emisi karbon di lingkungan yang berkontribusi terhadap isu pemanasan global.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X